SKB CPNS : SOAL DAN JAWABAN SKB PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA
SKB Guru CPNS 2020 - Selamat datang, bagi para penjuang CPNS ASN
yang baru saja mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), dan masuk ke
tahap selanjutnya, yaitu SKB Seleksi kompetensi Bidang SKB CPNS .
Berikut admin sampaikan mengenai
SOAL DAN JAWABAN SKB PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA
Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS : SOAL DAN JAWABAN SKB PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA
1. Tahap pembelajaran Matematika menurut Van Halle adalah sebagai berikut, kecuali ..
a) Tahap Analisis
b) Tahap Penyimpulan
c) Tahap Pengenalan
d) Tahap Pengurutan
Kunci jawaban : Penyimpulan
2. Penjumlahan bilangan positif dan negatif siswa mencoba sendiri dengan menggunakan garis bilangan. Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika...
a) Pengkontrasan dan Keanekaragaman
b) Penyusunan
c) Notasi
d) Pengaitan
KUNCI JAWABAN :
Penyusunan
3. Dalam tahap ini kegiatan penyajian dilakukan berdasarkan pada pikiran internal dimana pengetahuan disajikan melalui serangkaian gambar-gambar atau grafik yang dilakukan anak Proses tersebut menurut Bruner dikategorikan ke dalam model ...
a) Tahap Simbolik
b) Tahap Ikonik
c) Tahap Enaktif
d) Tahap Implikatif
KUNCI JAWABAN :
Tahap Ikonik
4. Contoh : 2 pinsil + 3 pinsil = ...pinsil
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses Pembelajaran Matematika dalam tahap ..
a) Ikonik
b) Simbolik
c) Implikatif
d) Enaktif
KUNCI JAWABAN :
Simbolik
5. Matematika untuk tujuan pembelajaran dianalisis sebagai kumpulan fakta yang berdiri sendiri dan tidak saling berkaitan.
ü Anak diharuskan menguasai unsur-unsur yang banyak sekali tanpa diperhatikan pengertiannya.
ü Anak mempelajari unsur-unsur dalam bentuk seperti yang akan digunakan nanti dalam kesempatan lain.
ü Anak akan mencapai tujuan ini secara efektif dan efisien dengan melalui pengulangan.
Teori Pembelajaran Matematika tersebut dikemukakan oleh ...
a) Van Brownell
b) Thorndike
c) Piaget
d) Skinner
KUNCI JAWABAN :
Van Brownell
6. Perhatikan contoh berikut.
Guru menjelaskan persegi panjang, disertai juga kemungkinan jajaran genjang dan segi empat lainnya selain persegi panjnag. Dengan demikian siswa dapat membedakan apakah segi empat yang diberikan padanya termasuk persegi panjang atau tidak.
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika ...
a) Pengaitan
b) Penyusunan
c) Notasi
d) Pengkontrasan dan Keanekaragaman
KUNCI JAWABAN :
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
7. Objek belajar matematika dibagi kedalam Objek Langsung dan Objek Tak Langsung. Hal tersebut adalah teori belajar Matematika menurut ...
a) Thorndike
b) Skinner
c) Jerome S. Burner
d) Robert M. Gagne
KUNCI JAWABAN :
Robert M. Gagne
8. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil posttest tersebut ...
a) Konstrukvisme
b) Menyenangkan
c) Masyarakat belajar
d) Authentik asesmen
KUNCI JAWABAN :
Authentik asesmen
9. Sumber belajar bukan hanya guru tetapi dapat berasal dari siswa, pakar dari luar, internet, konsep tersebut dalam CTL disebut ...
a) Menyenangkan
b) Inquiri
c) Konstrukvisme
d) Masyarakat belajar
KUNCI JAWABAN :
Konstrukvisme
10. Siswa mengingat apa yang dikerjakan dari pada apa yang didengarkan , moto tersebut cocok dalam model pembelajaran ....
a) CTL
b) Kooperatif
c) Terpadu
d) Kuantum
KUNCI JAWABAN :
CTL
11. Konsep melibatkan siswa perlu dalam menyusun topic atau masalah bahan diskusi untuk pembelajaran dalam CTL disebut ...
a) Menyenangkan
b) Authentik asesmen
c) Konstrukvisme
d) Masyarakat belajar
KUNCI JAWABAN :
Masyarakat belajar
12. Lancasan filosofi pendekatan kontektual adalah konstukvisme yang menekankan pada ....
a) Belajar perlu dengan menghafal
b) Belajar perlu tempat yang edukatif
c) Belajar dengan mengalami dan tidak sekedar menerima
d) Belajar dengan media secara lengkap
KUNCI JAWABAN :
Belajar dengan mengalami dan tidak sekedar menerima
13. Kooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada...
a) Real world learning
b) Diskusi Kelas
c) Penerapan fieldtrip
d) Belajar dalam kelompok
KUNCI JAWABAN :
Belajar dalam kelompok
14. Interaksi tatap muka dalam kelompok pada tiap pembelajaran sangat penting untuk membutuhkan suasana...
a) Kondusif
b) Aktif
c) Tenang
d) Dialog antar siswa
KUNCI JAWABAN :
Dialog antar siswa
15. Penilaian kelompok belajar yang didasarkan atas rata-rata penguasaan semua anggota kelompok secara individu....
a) Interpersonal
b) Home team
c) Individu result
d) Akuntabilitas individu
KUNCI JAWABAN :
Akuntabilitas individu
16. Berikut ini keuntungan pembelajaran kooperatif...
Menghilangkan sifat mementingkan sendiri atau egois
Memudahkan siswa melakukan penyesuaian social
Mengembangkan nilai-nilai social dan komitmen
Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan social
KUNCI JAWABAN :
Mengembangkan nilai-nilai social dan komitmen
17. Berikut ini adalah elemen pembelajaran kooperatif kecuali...
a) Real world learning
b) Interaktif tatap muka
c) Ketergantungan
d) Akuntabilitas individu
KUNCI JAWABAN :
Real world learning
18. Kelebihan kelompok belajar kooperatif dibanding tradisional ....
a) Tidak ada siswa yang mendominasi kelompok atau menggantungkan diri pada kelompok
b) Kelompok belajar biasanya homogeny
c) Hubungan antar pribadi bersifat semu
d) Tugas dikerjakan salah seorang anggota kelompok
KUNCI JAWABAN :
Tidak ada siswa yang mendominasi kelompok atau menggantungkan diri pada kelompok
19. Tahap pembelajaran Matematika menurut Van Halle adalah sebagai berikut, kecuali ..
a) Tahap Analisis
b) Tahap Penyimpulan
c) Tahap Pengenalan
d) Tahap Pengurutan
Kunci Jawaban . Penyimpulan
20. Perhatikan contoh berikut.
penjumlahan bilangan positif dan negatif siswa mencoba sendiri dengan menggunakan garis bilangan.
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika...
a) Pengkontrasan dan Keanekaragaman
b) Penyusunan
c) Notasi
d) Pengaitan
KUNCI JAWABAN :
Penyusunan
21. Dalam tahap ini kegiatan penyajian dilakukan berdasarkan pada pikiran internal dimana pengetahuan disajikan melalui serangkaian gambar-gambar atau grafik yang dilakukan anak Proses tersebut menurut Bruner dikategorikan ke dalam model ...
a) Tahap Simbolik
b) Tahap Ikonik
c) Tahap Enaktif
d) Tahap Implikatif
KUNCI JAWABAN :
Tahap Ikonik
22. Perhatikan contoh berikut.
Contoh : 2 pinsil + 3 pinsil = ...pinsil
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses Pembelajaran Matematika dalam tahap ..
a) Ikonik
b) Simbolik
c) Implikatif
d) Enaktif
KUNCI JAWABAN :
23. Matematika untuk tujuan pembelajaran dianalisis sebagai kumpulan fakta yang berdiri sendiri dan tidak saling berkaitan. Anak diharuskan menguasai unsur-unsur yang banyak sekali tanpa diperhatikan pengertiannya. Anak mempelajari unsur-unsur dalam bentuk seperti yang akan digunakan nanti dalam kesempatan lain. Anak akan mencapai tujuan ini secara efektif dan efisien dengan melalui pengulangan.
Teori Pembelajaran Matematika tersebut dikemukakan oleh ...
a) Van Brownell
b) Thorndike
c) Piaget
d) Skinner
KUNCI JAWABAN :
Van Brownell
24. Perhatikan contoh berikut.
Guru menjelaskan persegi panjang, disertai juga kemungkinan jajaran genjang dan segi empat lainnya selain persegi panjnag. Dengan demikian siswa dapat membedakan apakah segi empat yang diberikan padanya termasuk persegi panjang atau tidak. Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika ...
a) Pengaitan
b) Penyusunan
c) Notasi
d) Pengkontrasan dan Keanekaragaman
KUNCI JAWABAN :
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
Soal selanjutnya silahkan klik disiniDemikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS : SOAL DAN JAWABAN SKB PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA
0 Response to "SKB CPNS : SOAL DAN JAWABAN SKB PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA"
Post a Comment