SKB CPNS : PEDAGOGIK SKB GURU

       SKB Guru CPNS 2020 - Selamat datang, bagi para penjuang CPNS ASN yang baru saja mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), dan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu SKB Seleksi kompetensi Bidang SKB CPNS . Berikut admin sampaikan mengenai                                      PEDAGOGIK SKB GURU


  1. Peserta didik diminta untuk membuat buku harian sebanyak 250 kata setiap harinya merupakan upaya untuk mengembangkan kecerdasan 
a. Visual spasial 
b. Verbal Linguistic 
c. Interpersonal 
d. Intrapersonal 
e. Logis matematis 

  1. Guru mengajarkan materi geografi dengan menayangkan gambar tempat wisata yang sedang viral hal ini merupakan prinsip motivasi.... 
a. Relevansi 
b. Kepuasan 
c. Akurat 
d. Percaya diri 
e. Perhatian

  1. Peserta didik menikmati menciptakan model baru dan hal•hal praktis yang dihasilkan dari pengembangan pembelajaran dan konsep baru mereka merupakan proses berpikir 
a. Operational Concrete Thinkers 
b. Abstract Sequential Thinkers 
c. Concrete Random Thinkers 
d. Concrete Sequential Thinkers 
e. Abstract Random Thinkers 

  1. Salah satu dampak pengiring dari penggunaan model pembelajaran simulasi adalah.... 
a. Responsif pada umpan balik 
b. Kepercayaan diri sebagai siswa meningkat 
c. Sensitif terhadap hubungan sebab dan pengaruh 
d. Lebih memahami permasalah kontektual 
e. Kemandirian siswa meningkat 

  1. Model pembelajaran project based cooperative learning merupakan model pembelajaran yang dipandang menarik karena memiliki format instruksional yang inovatif dimana peserta didik dapat memilih berbagai aspek tugas. Model project based cooperative learning merupakan model gabungan yang dilaksanakan melalui pengembangan penerapan 
a. Kooperatif 
b. Masalah 
c. Projek 
d. Penugasan 
e. Kelompok 

  1. Langkah-langkah umum model pembelajaran kooperatif secara urut adalah 
a. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok 
b. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok 
c. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok 
d. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi 
e. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok kuis

  1. Peran guru dalam pembelajaran dengan model problem based learning adalah sebagai.... 
a. Penentu 
b. Pelatih 
c. Sumber belajar 
d. Pelaksana 
e. Pembimbing 

  1. Karakteristik yang paling menonjol yang dimiliki oleh suatu model pembelajaran dibanding pendekatan pembelajaran adalah bahwa model pembelajaran itu 
a. Menjamin hasil pembelajaran 
b. Memberi jaminan mutu pembelajaran 
c. Menjelaskan daya tarik pembelajaran 
d. Mempunyai sintak atau tahapan pembelajaran 
e. Menyatakan tujuan pembelajaran 

  1. Ketika akan menggunakan suatu model pembelajaran guru perlu mempertimbangkan hasil belajar apa yang dapat dicapai oleh siswa sebagai akibat dari model pembelajaran yang digunakan tersebut. Hal ini berarti bahwa guru tersebut telah memahami karakteristik model pembelajaran aspek.... 
a. Prinsip aksi dan reaksi 
b. Sistem pendukung dan fasilitas 
c. Sistem sosial dan lingkungan 
d. Dampak instruksional dan pengiring 
e. Sarana dan prasarana

  1. Ada banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan pendekatan sainfitik, satu di antaranya adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Pembelajaran kooperatif adalah.... 
a. Strategi pembelajaran individual yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerja masing-masing 
b. Strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil 
c. Strategi pembelajaran yang mengintegrasikan metode, bahan ajar dan media pembelajaran secara sistematis 
d. Strategi pembelajaran yang menyajikan situasi permasalahan kepada siswa dan dapat berfungsi sebagai batu loncatan dalam penyelidikan 
e. Strategi pembelajaran yang menerapkan suatu projek kepada siswa dan dapat menghasil sebuah karya

  1. Pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dilandasi teori konstruktivisme yang mengakomodasi keterlibatan siswa dalam belajar dan pemecahan masalah otentik. Karakteristik masalah yang digunakan pada model PBL adalah.... 
a. Kompleks dan lengkap 
b. Otentik dan bermakna 
c. Tematik dan kompleks 
d. Abstrak dan menyeluruh 
e. Luas dan detail  

  1. Proses penilaian pada model project based cooperative learning dilakukan oleh 
a. Guru dan siswa 
b. Guru 
c. Teman sebaya 
d. Siswa 
e. Kepala sekolah 

  1. Pelaksanaan model simulasi pada dasarnya digunakan untuk mengembangkan pemahaman terhadap suatu peristiwa yang mengarah kepada keterampilan psikomotorik agar kegiatan lebih bermakna bagi siswa. Dalam model pembelajaran simulasi, peran yang tidak dimainkan oleh guru adalah.... 
a. Melatih 
b. Menjadi penengah 
c. Mendiskusikan 
d. Mendemonstrasikan 
e. Pemeran simulasi 

  1. Seorang guru SMP kebingungan dalam memilih media pembelajaran yang relevan. Menurut Sdr. kriteria dominan yang paling menentukan dalam pemilihan media pembelajaran 
a. Ketersediaan cumber di sekolah 
b. Kesesuaian dengan Model atau strategi pembelajaran 
c. Kemampuan dan karakter guru 
d. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran 
e. Biaya produksi media yang murah 

  1. Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasikan pendekatan student center learning adalah 
a. Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran 
b. Teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam memanipulasi gambar, suara, video dan animasi. 
c. Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar 
d. Sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran 
e. Teknologi yang dapat mentransformasi pesan, sehingga peserta didik berminat 

  1. Pak Aton, guru seni musik di SMP akan menerapkan strategi mendemonstrasikan dengan media untuk pembelajaran keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick, namun sayangnya tangan jari tangan kanannya sedang cidera. Menurut Sdr. Jenis media apa yang relevan dipilih oleh Pak Anton ... 
a. Media cetak, LKPD yang menjelaskan prosedur keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick 
b. Demonstrasi dilakukan seorang siswa yang sudah terampil bermain gitar teknik Holding Pick 
c. Program presentasi, yang menjelaskan prosedur bermain gitar teknik Holding Pick 
d. Program siaran langsung TV edukasi tentang teknik Holding Pick 
e. Program video demonstrasi bermain gitar teknik Holding Pick 

  1. Dalam pembelajaran, berikut ini yang termasuk empat ragam sumber belajar adalah 
a. Kepala sekolah, guru, guru BK, dan instruktur 
b. Guru, instruktur, job sheet, dan bengkel 
c. Guru, media pembelajaran, buku, lingkungan belajar 
d. Alat peraga, guru, buku paket pelajaran, dan LKPD 
e. Instruktur, buku, job sheet, dan peralatan praktik

  1. Fungsi media pembelajaran adalah 
a. Sebagai alat bantu pembelajaran 
b. Meningkatkan komunikasi multiarah antara siswa, lingkungan, dan bahan ajar 
c. Menggantikan peran guru dalam pembelajaran teori maupun praktik 
d. Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalistic 
e. Meningkatkan hasil belajar siswa 

  1. Pengertian multimedia pembelajaran menurut Hackbart (1996) adalah 
a. Mengintegrasikan dua atau lebih media dalam pembelajaran 
b. Karakterisasi tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam suatu program yang terintegrasi 
c. Penggabungan media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien, efektif dan berdayaguna 
d. Suatu program pembelajaran yang mencakup berbagai sumber yang terintegrasi berbagai unsur-unsur media dalam suatu program (software) computer 
e. Menggabungkan media teks, video, grafis, suara, animasi dan interaktif secara terintegrasi

  1. Konsep Kemp dan Dayton (1985), manfaat media pembelajaran adalah 
a. Lebih efisien biaya produksi 
b. Lebih menghemat tenaga dan waktu dalam proses pembelajaran 
c. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif 
d. Penyampaian materi ajar lebih mudah 
e. Meningkatkan profesionalisme guru 

  1. Media pembelajaran berikut yang memiliki relevan tinggi untuk mengajarkan keterampilan prosedur adalah 
a. Media gambar berseri 
b. Program video instruksional 
c. Modul pembelajaran 
d. Program slide suara 
e. Media grafis terstruktur 

  1. Desain tampilan multimedia kata-kata, gambar, dan video yang disajikan saling berdekatan dalam satu slide, merupakan penerapan prinsip 
a. Kesinambungan waktu 
b. Modalitas belajar 
c. Kesinambungan spasial 
d. Koherensi 
e. Redunansi 

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kumunikasi pembelajaran adalah 
a. Komunikator, guru, materi, strategi penyampaian, dan media pembelajaran 
b. Komunikator, komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran 
c. Komunikator, komunikan, materi ajar, pesan, dan strategi penyampaian 
d. Siswa, karakteristik komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan media pembelajaran 
e. Guru, siswa, materi, metode penyampaian, dan media pembelajaran 

  1. Langkah pertama dalam mengembangkan program audio pembelajaran adalah.... 
a. Judgement expert 
b. Shooting 
c. Menulis naskah program audio 
d. Dubbing 
e. Mengemas produk program audio 

  1. Bahan ajar memegang peranan penting bagi guru satu di antaranya adalah.... 
a. Menambah pengetahuan tentang materi 
b. Menjadi sumber ilmu pengetahuan guru 
c. Menjadi bahan sarana komunikasi pembelajaran 
d. Meningkatkan efektivitas pembelajaran 
e. Memberikan pegangan ketika bertugas mengajar 

  1. Bahan ajar non-cetak yang bertujuan agar siswa mampu belajar mandiri dan bersikap lengkap yang menyajikan per-unit terkecil dari materi berbentuk digital disebut 
a. Buku teks non-cetak 
b. Buku elektronik 
c. Modul kinerja guru 
d. Buku lembar kerja elektronik 
e. Modul digital/elektronik

  1. Ketika akan mengembangkan bahan ajar mandiri untuk siswa guru harus memenuhi salah satu prinsip atau karakteristik bahan ajar mandiri yang balk yaitu self - contained. Makna dari prinsip self-contained tersebut adalah bahwa 
a. Bahan ajar tersebut telah lengkap dan memadai sehingga siswa tidak perlu bahan lain untuk memahami materi yang harus dikuasai. 
b. Bahan ajar tersebut disusun sesuai dengan konteks di mana siswa berada. 
c. Bahan ajar tersebut mudah digunakan komunikatif dan mudah ditemukan siswa. 
d. Bahan ajar itu dapat mengajar atau dipelajari sendiri oleh peserta didik bahkan tanpa bantuan guru. 
e. Bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan jaman 

  1. Untuk sekolah di daerah yang sulit atau belum bisa mengakses internet karena belum teraliri listrik dan keterbatasan fasilitas penunjang lainnya. bahan ajar non cetak yang efektif digunakan untuk menunjang proses pendidikan di sekolah adalah 
a. Program Radio Pendidikan 
b. Modul Elektronik/Buku Sekolah Elektronik 
c. Power Point Presentation (PPT) 
d. E-book atau buku elektronik. 
e. Program Video Pembelajaran

  1. Bahan ajar noncetak (digital) merupakan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dalam mendorong berbagai lembaga pendidikan kita untuk memanfaatkan bahan ajar noncetak yang menarik. Bahan ajar noncetak berikut ini yang 100% dikembangkan menggunakan komputer adalah.... 
a. Program simulasi 
b. Audio Pembelajaran 
c. Multimedia Pembelajaran Interaktif 
d. Video Pembelajaran 
e. Program Radio Edukasi 

  1. Bahan pembelajaran cetak berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar sederhana karena komponennya didominasi oleh.... 
a. Analisis kompetensi 
b. Soal-soal dan latihan 
c. Soal-soal latihan dan tes kemampuan 
d. Paparan materi 
e. Penugasan 

Jawaban:
  1. c. Interpersonal
  2. e. Perhatian
  3. c. Concrete Random Thinkers
  4. b. Kepercayaan diri sebagai siswa meningkat
  5. c. Projek
  6. c. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
  7. e. Pembimbing
  8. d. Mempunyai sintak atau tahapan pembelajaran
  9. d. Dampak instruksional dan pengiring
  10. b. Strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis di mana siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil
  11. b. Otentik dan bermakna
  12. a. Guru dan siswa
  13. d. Mendemonstrasikan
  14. d. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
  15. c. Segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar
  16. e. Program video demonstrasi bermain gitar teknik Holding Pick
  17. c. Guru, media pembelajaran, buku, lingkungan belajar
  18. a. Sebagai alat bantu pembelajaran
  19. d. Suatu program pembelajaran yang mencakup berbagai sumber yang terintegrasi berbagai unsur-unsur media dalam suatu program (software) computer
  20. c. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
  21. b. Program video instruksional
  22. c. Kesinambungan spasial
  23. b. Komunikator, komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan tujuan pembelajaran
  24. c. Menulis naskah program audio
  25. d. Meningkatkan efektivitas pembelajaran
  26. e. Modul digital/elektronik
  27. a. Bahan ajar tersebut telah lengkap dan memadai sehingga siswa tidak perlu bahan lain untuk memahami materi yang harus dikuasai.
  28. a. Program Radio Pendidikan
  29. c. Multimedia Pembelajaran Interaktif
  30. b. Soal-soal dan latihan
Soal selanjutnya silahkan klik disini

Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS :  PEDAGOGIK SKB GURU

0 Response to "SKB CPNS : PEDAGOGIK SKB GURU"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel