SKB CPNS : PEDAGOGIK SOAL TEORI BELAJAR
SKB Guru CPNS 2020 - Selamat datang, bagi para penjuang CPNS ASN
yang baru saja mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), dan masuk ke
tahap selanjutnya, yaitu SKB Seleksi kompetensi Bidang SKB CPNS .
Berikut admin sampaikan mengenai
Soal selanjutnya silahkan klik disini
Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS : PEDAGOGIK SOAL TEORI BELAJAR
PEDAGOGIK
SOAL TEORI BELAJAR
1. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
a. Behaviorisme
b. Humanistik
c. Sibernetik
d. Kontruktivisme
2. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
a. Sibernetik
b. Humannistik
c. Behaviorisme
d. Konstruktivisme
3. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
a. Humanistik
b. Konstruktivisme
c. kognitivisme
d. Nativisme
4. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
a. Sibernetik
b. Konstruktivisme
c. Behaviorisme
d. Kognitivisme
5. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
a. Behaviorisme
b. Konstruktivisme
c. Kognitivisme
d. Sibernatik
SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
6. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
a. Silabus
b. RPP
c. Silabus dan RPP
d. SKL
7. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
b. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
c. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
d. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
8. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
a. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
b. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
c. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
d. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
9. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
a. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
b. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
c. RPP bersumber dari silabus
d. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
10.Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
a. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
b. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
c. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
d. Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar : Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
11. Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
a. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
b. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
c. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
d. Keterkaitan dan keterpaduan
12. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
a. Metode mengajar yang digunakan guru
b. Karakteristik bahan ajar
c. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
d. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
13. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
1. Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
2. Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3. Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
14.Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis....
a. Kognitivisme
b. Behaviorisme
c. Konstructivisme
d. Humanisme
15.Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
a. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.
b. Pemberian tugas yang tersetruktur.
c. Penggunaan metode bervariasi
d. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
Soal selanjutnya silahkan klik disini
Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS : PEDAGOGIK SOAL TEORI BELAJAR
0 Response to "SKB CPNS : PEDAGOGIK SOAL TEORI BELAJAR"
Post a Comment