SKB CPNS : SKB GURU

SKB Guru CPNS 2020 - Selamat datang, bagi para penjuang CPNS ASN yang baru saja mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), dan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu SKB Seleksi kompetensi Bidang SKB CPNS . Berikut admin sampaikan mengenai  SKB GURU



  1. Guru dalam menentukan bentuk tes harus mempertimbangkan beberapa hal. kecuali...
a. Fasilitas pendukung
b. Kebiasaan bentuk tes selama ini
c. Peserta didik
d. Kesesuaian dengan KD yang diujikan
e. Tujuan tes.
  1. Rumusan soal atau pertanyaan yang menuntut sehimpunan jawaban dengan konsep tertentu. dan dapat diidentifikasi kata-kata kunci jawabannya adalah soal tes bentuk...
a. Menjodohkan
b. Uraian subjektif
c. Pilihan Ganda
d. Uraian objektif
e. Lisa
  1. Analisis kualitas perangkat soal tes hasil belajar secara teoritis adalah telaah soal yang dirokuskan pada aspek
a. Materi, konstruksi dan teknik penulisan soal
b. Materi, kebermaknaan butir, dan bahasa
c. Materi, kebermaknaan butir, dan keterbacaan soal
d. Materi. bahasa, dan data lapangan
e. Materi. konstruksi, dan bahasa
  1. Komponen dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sekurang-kurangnya mencakup ...
a. Pendahuluan, pembelajaran inti dan penutup.
b. Kompetensi utama, materi, kegiatan pembelajaran, metode, media dan sumber belajar, evaluasi
c. Kompetensi inti, materi, kegiatan pembelajaran, metode, media dan sumber belajar, evaluasi
d. Tujuan, materi, kegiatan pembelajaran, metode, media dan sumber belajar, evaluasi
e. Capaian pembelajaran, materi pembelajaran, metode, dan evaluasi
  1. Parameter kualitatif berkaitan dengan analisis butir soal berdasarkan alas ...
a. Data ujicoba
b. Tingkat kesulitan soal
c. Pertimbangan ahli (expert judgement)
d. Tingkat keterbacaan (bahasa) soal
e. Daya beda soal
  1. Berikut merupakan salah satu parameter kuantitatif berkaitan dengan analisis butir soal.
a. Tingkat keterbacaan (bahasa) soal
b. Banyaknya peserta tes
c. Tingkat kesulitan soal
d. Pertimbangan ahli (expert judgement)
e. Banyaknya butir soal
  1. Untuk lebih memahami makna reliabilitas dapat didekati dengan memperhatikan tiga aspek yang terkait dengan alat ukur yaitu..
a. Kemantapan, ketepatan dan heteroginitas
b. Kemantapan, ketepatan dan homogenitas
c. Kecepatan, ketepatan dan homogenitas.
d. Kecepatan, ketepatan dan heteroginitas
e. Ketepatan, heteroginitas dan homogenitas.
  1. Daya beda butir soal adalah indeks yang menggambarkan tingkat kemampuan butir soal untuk
a. Membedakan kelompok yang pandai dan kelompok yang kurang pandai
b. Membedakan kelompok butir-butir soal yang valid dan tidak valid
c. Membedakan butir-butir soal yang sukar dan butir•butir soal yang mudah
d. Membedakan kelompok yang memperoleh nilai tinggi dan yang rendah
e. Membedakan kesulitan materi yang ditanyakan pada setiap butir soal
  1. Berikut ini merupakan kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek konstruksi. kecuali
a. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas.
b. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
c. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
d. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama.
e. Soal harus sesuai dengan indikator.
  1. Jika butir soal memiliki tingkat kesukaran 1.00 berarti
a. Butir soal cukup sulit.
b. Butir soal terlalu sulit.
c. Butir soal terlalu mudah
d. Butir soal cukup mudah.
e. Butir soal sangat sulit
  1. Pada bagian kegiatan pembelajaran pada sebuah RPP isinya merupakan komponen yang memuat ….
a. Kegiatan awal, inti, akhir, evaluasi, sumber belajar
b. Bentuk operasional pendekatan saintifik
c. Indikator, tujuan, metode
d. Identitas, sandar kompetensi, kompetensi dasar
e. Model, penilaian dan media pembelajara
  1. Pengertian istilah Omit dalam soal tes adalah
a. Ketidaksesuaian antara pertanyaan dengan pilihan jawaban
b. Lebih dari satu jawaban yang benar pada butir pertanyaan
c. Proporsi peserta tes yang tidak menjawab pada semua alternatif jawaban
d. Butir soal tes yang tidak akan diskor (diperhitungkan)
e. Tidak ada jawaban yang benar
  1. Penyusunan instrumen penilaian dilakukan dengan terlebih dahulu menentukn domain hasil belajar yang akan diukur. Berikut yang tidak termasuk kategori domain afektif adalah….
a. Menerima (receiving)
b. Menanggapi (responding)
c. Menghargai (valueing)
d. Memahami (comprehension)
e. Mengaplikasi (aplication)
  1. Refleksi pembelajaran dilakukan oleh…
a. Peserta didik
b. Guru
c. Guru bersama kepala sekolah
d. Guru bersama peserta didik.
e. Peserta didik dan orang tua
  1. Alternatif pilihan jawaban salah atau pengecoh (distractor) dalam suatu butir soal pilihan ganda dikatakan balk jika
a. Setidaknya 5% dari peserta tes memilih jawaban tersebut
b. Jawaban pengecoh disusun dengan kalimat yang sulit dipahami
c. Jawaban pengecoh mengarahkan peserta tes untuk memilih jawaban yang benar
d. Tidak satupun peserta tes yang memilih jawaban pengecoh.
e. Jawaban pengecoh tidak terkait dengan materi pertanyaan
  1. Analisis kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek bahasa antara lain
a. Pilihan jawaban harus homogen dan logis.
b. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama.
c. Soal dapat dipahami dengan mudah
d. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya.
e. Soal harus sesuai dengan indikator.
  1. Berikut merupakan pernyataan yang benar mengenai validitas coal tes, kecuali
a. Memberikan konsistensi hasil pengukurannya
b. Menjalankan fungsi ukurnya
c. Memberikan kecermatan pengukuran
d. Memberikan hasil yang tepat dan akurat
e. Mampu mengukur konsep yang diharapkan hendak diukur
  1. Kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan pendapat dengan singkat dan mempresentasikan keterampilan yang baik dan benar merupakan salah satu ciri pengalaman belajar dalam pendekatan scientific. Kompetensi tersebut terjadi pada tahap….
a. Menanya
b. Mengumpulkan informasi/ mencoba
c. Mengomunikasikan
d. Mengamati
e. Menalar
  1. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali...
a. Memperbaiki program pembelajaran
b. Menyusun laporan hash! penilaian
c. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya rendah
d. Mengadministrasikan hasil penilaian
e. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
  1. Komponen-komponen dalam RPP dikembangkan berdasarkan....
a. Contoh format dari BSNP
b. Lingkungan sekolah
c. Kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dipilih
d. Urutan yang ada pada contoh silabus pusat kurikulum
e. Kompetensi guru
  1. Kreativitas peserta didik dapat dikembangkan melalui pemberian materi ajar dan pemilihan gaya mengajar yang sesuai. Gaya mengajar berikut cocok digunakan untuk menanamkan sikap kreatif, yaitu….
a. Komando
b. Penugasan
c. Penemuan terbimbing
d. Inklusi
e. Inquiry
  1. Berikut adalah pernyataan salah tentang komunikasi efektif, yaitu....
a. Komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi
b. Komunikasi paling efektif jika dilakukan secara verbal
c. Saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok
d. Memberi kemudahan dalam memahami pesan yang diberikan
e. Penerima cepat memahami apa yang disampaikan oleh pengokomunikasi
  1. Paradigma baru pengembangan materi pembelajaran didasarkan dan diarahkan untuk mencapai kompetensi dasar, kompetensi inti, dan akhirnya pada standar kompetensi lulusan. Secara pengetahuan materi pembelajaran yang akan diuji harus memenuhi unsur....
a. Fakta, konsep, dan prosedur
b. Fakta, konsep, dan deklaratif
c. Region, konsep, dan deklaratif
d. Fakta, konsep, dan region
e. Fakta, konsep dan kriteria
  1. Cara analitik yang digunakan dalam penilaian produk dilakukan....
a. Terhadap sebagian kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan
b. Terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan produk
c. Berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, dan dilakukan hanya pada tahap penilaian produk
d. Berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, dan dilakukan pada setiap tahap pengembangan produk
e. Pada bagian tertentu ketika pada tahap proses pengembangan produk
  1. Penilaian yang dikembangan berdasar prioritas kepada suatu kelompok tertentu dan hasil evaluasi perseorangan siswa dibandingkan dengan prestasi kelompoknya, disebut….
a. Feedback
b. Absolute
c. Norm-referenced evaluation
d. Criterion-referenced evaluation
e. Non Absolute
  1. Penilaian sikap yang dilakukan dengan merekam catatan pendidik yang berisi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku adalah….
a. Observasi
b. Penilaian diri
c. Penilaian antar peserta didik
d. Jurnal
e. Portofolio
  1. Batas ketuntasan belajar pada ranah sikap adalah BAIK. Dengan melihat MODUS, nilai siswa pada pengolahan akhir dinyatakan CUKUP, makna dari hasil penilaian ini adalah....
a. Merubah hasil akhir nilai tersebut, karena yang tertulis di rapor minimal
b. Pada prinsipnya peserta didik tersebut tidak dapat mencapai batas ketuntasan belajar harus baik
c. Perlu dilakukan perbaikan pada unsur sikap yang belum baik
d. Sesungguhnya cukup adalah nilai yang baik juga bagi peserta didik
e. Nilainya harus dipertahankan
  1. Ketuntasan belajar peserta didik dapat ditingkatkan melebihi ketentuan yang berlaku, dengan pertimbangan....
a. Potensi peserta didik, sarana prasarana, dan daya dukung lingkungan
b. Potensi peserta didik, hasil analisis nillai peserta didik, dan daya dukung lingkungan
c. Potensi peserta didik, sarana prasarana, dan hambatan dari lingkungan
d. Potensi peserta didik, kompleksitas kompetensi, dan daya dukung lingkungan
e. Potensi peserta didik, strategi dan penilaian
  1. Program evaluasi adalah melakukan tindak lanjut, solusi yang dilakukan dari ketidak tuntasan hasil belajar peserta didik, maka langkah positif dari guru melakukan….
a. Guru melakukan pengulangan pada materi yang belum tuntas
b. Guru melakukan pengulangan pokok materi test
c. Guru melakukan mengulang seluruh materi bahan ajar
d. Guru melakukan pengulangan setelah semua pokok bahasan selesai
e. Guru melakukan pengulangan waktu tertentu saja
  1. Berikut adalah pihak yang tidak perlu mendapatkan laporan hasil belajar....
a. Kepala Sekolah/ wakil bidang kesiswaan
b. Organisasi bagian siswa
c. Wali kelas siswa
d. Orangtua wali murid
e. Siswa
  1. Penilaian yang dilakukan di sekolah harus berdampak positif dan menjadi motivasi terhadap yang di nilai, pernyataan berikut, manakah yang akan berdampak positif ….
a. Hasil penilaian dikomunikasikan pada tiap bidang studi, siswa dan di tempel di papan pengumuman
b. Hasil penilaian dikomunikasikan kepada peserta didik yang dinilai, dan perkembangannya dilaporkan orang tua siswa dan wali kelas
c. Hasil penilaian dikomunikasikan pada orang tua, wali kelas dan peserta didik yang nilainya kurang baik di beri sanksi akademik
d. Hasil penilaian dikomunikasikan pada peserta didik yang nilainya baik saja yang diperhatikan
e. Hasil penilaian dikomunikasikan pada orang tua dan peserta didik hanya jelek saja
  1. Refleksi atas hasil belajar yang diperoleh peserta didik didasarkan pada perbandingan antara hasil dengan....
a. Data penilaian peserta didik pada periode sebelumnya
b. Portofolio peserta didik
c. Indikator dalam RPP yang dikembangkan dari KI dan KD
d. Catatan anekdot yang dimiliki oleh guru
e. Laporan akhir bulan oleh guru
  1. Penelitian tindakan kelas tidak mengganggu proses pembelajaran yang telah direncanakan, adalah merupakan….
a. Pernyataan salah mengenai penelitian tindakan kelas
b. Kriteria penelitian tindakan kelas
c. Factor penelitian tindakan kelas
d. Karakteristik penelitian tindakan kelas
e. Manfaat penelitian tindakan kelas
  1. Apabila guru menjumpai siswa yang selalu menarik diri dari pergaulan temannya, menghindari kerja dan tanggung jawab, terpaku pada diri-sendiri, maka siswa tersebut mengalami tanda-tanda gejala psikologis ….
a. Kecemasan
b. Over training
c. Bermasalah
d. Stress
e. Kelainan
  1. Semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja disebut sebagai….
a. Kenakalan remaja
b. Kejahatan remaja
c. Penyimpangan sosial
d. Remaja berkebutuhan khusus
e. Kebiasaan remaja
  1. Penilaian kinerja guru dilakukan dengan terlebih dahulu mengikuti langkah….
a. Penilaian terhadap diri sendiri
b. Penilaian oleh pengawas sekolah
c. Penilaian oleh teman sejawat
d. Penilaian oleh kepala sekolah
e. Penilaian oleh siswa
  1. Selain tindakan reflektif atas kinerja sendiri, fungsi penilaian secara mandiri yang harus dilakukan oleh guru adalah....
a. Sebagai tindakan reflektif atas kinerja yang akan dilakukan
b. Bahan perbandingan dengan hasil penilaian kinerja guru untuk melakukan negosiasi materi PKB
c. Sebagai bagian dari rutinitas dari siklus PKB yang harus dilakukan
d. Sebagai bagian dari penilaian kinerja guru
e. Sebagai bagaian dari administrasi sekolah
  1. Penyusunan profil kompetensi dan perencanaan program PKB bagi guru dilakukan setelah....
a. Hasil penilaian formatif
b. Hasil penilaian sumatif
c. Hasil penilaian diri
d. Hasil uji kompetensi awal
e. Hasil penilaian tahun lalu
  1. Salah satu manfaat praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara mandiri bagi guru adalah….
a. Guru dapat melakukannya tanpa harus meninggalkan tugas mengajar
b. Kesimpulan PTK dapat digeneralisasikan pada sekolah-sekolah lain
c. PTK mudah dan murah
d. PTK merupakan kegiatan observasi yang tidak perlu melibatkan pihak lain
e. PTK dapat dilakukan oleh siapa saja
  1. Rumusan judul dalam penelitian tindakan kelas paling tidak memuat....
a. Variable masalah, variabel tindakan dan obyek penelitian
b. Keunggulan variabel tindakan dan subyek penelitian
c. Variable masalah, variabel tindakan dan subyek penelitian
d. Latar belakang, metodologi, dan kesimpulan penelitian
e. Metode penelitian, jenis penelitian dan subjek penelitian
  1. Sumber belajar adalah sumber daya yang dapat dipergunakan pembelajara secara individual atau kelompok baik berupa manifestasi fisik dari teknologi maupun komponen lain berupa....
a. Pesan, orang, bahan, peralatan, lingkungan, dan teknik
b. Pesan, orang, bahan, peralatan, sarana, dan teknik
c. Pesan, orang, guru, peralatan, lingkungan, dan teknik
d. Pesan, orang, bahan, peralatan, metode, dan teknik
e. Pesan, orang, bahan, peralatan, strategi dan teknik
  1. Perangkat lunak yang lazim digunakan untuk membantu mempermudah penghitungan dan pengolahan data dalam computer adalah….
a. Microsoft excel
b. Microsoft powerpoint
c. Microsoft word
d. Microsoft access
e. Microsoft foxit
  1. Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online. Percakapan dalam chating dilakukan dengan menggunakan....
a. Teks saja
b. Teks atau suara
c. Suara saja
d. Gambar/ icon saja
e. Mix
  1. Dalam komunikasi non verbal agar efektif yang perlu diperhatikan adalah....
a. Penampilan fisik, sikap tubuh, cara berbicara, ekspresi wajah, serta sentuhan
b. Penampilan fisik, sikap tubuh, cara berjalan, ekspresi wajah, serta nada suara
c. Pilihan kata, sikap tubuh, cara berjalan, ekspresi wajah, serta sentuhan
d. Penampilan fisik, sikap tubuh, cara berjalan, ekspresi wajah, serta sentuhan
e. Penampilan fisik, sikap tubuh, cara berjalan, volume suara
  1. Desain pembelajaran yang berbasis proseskeilmuan dan lebih menekankan ilmu pengetahuan lebih sebagai kata kerja daripada kata benda adalah pendekatan…
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Saintifik
d. Kontemporer
e. Problem solving
  1. Penanda pencapaian KD berupa perubahan perilaku yang dapat di ukur, pada domain sikap, pengetahuan, keterampilan yg disebut dengan…
a. Perencanaan pembelajaran
b. Proses pembelajaran
c. Penilaian pembelajaran
d. Pencapaian pembelajaran
e. Pencapaian kompetensi
  1. Merumuskan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir merupakan rincian dari pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang diturunkan dari komponen pada silabus yang berupa ...
a. Standar kompetensi
b. Materi pokok/pembelajaran
c. Langkah-langkah pembelajaran
d. Alokasi waktu
e. Sumber belajar
  1. Guru memberi memberikan pujian atau hadiah yang menimbulkan perasaan senang atau puas pada peserta didik yang berperilaku positif, menunjukkan peningkatan performa. Sebaliknya, tingkah laku yang kurang baik dalam melaksanakan program kelas diberi sanksi atau hukuman yang akan menimbulkan perasaan tidak puas dan pada gilirannya tingkah laku tersebut akan dihindari. Pendekatan pengelolaan kelas yang demikian termasuk:
a. Pendekatan kekuasaan
b. Pendekatan otoriter
c. Pedekatan kebebasan
d. Pendekatan perubahan tingkah laku
e. Pendekatan kerja kelompok
  1. Rubrik dapat digunakan untuk membantu peserta didik mengukur sejauhmana kompetensi yang dimiliki dan dapat digunakan sebagai bagian dari perbaikan pembelajaran. Salah satu tujuan rubrik seperti yang digunakan siswa tersebut bisa berfungsi untuk:
a. Memotivasi
b. Menghakimi
c. Menentukan peringkat
d. Kelengkapan administrasi
e. Syarat sertifikasi
  1. Ketika guru melakukan penilaian dengan memberikan cara siswa melakukan penilaian diri sendiri dalam proses pembelajaran, maka hal tersebut memenuhi salah satu prinsip:
a. Penilaian untuk pembelajaran
b. Penilaian hasil pembelajaran
c. Evaluasi
d. Pembelajaran
e. Penilaian rapor

JAWABAN
  1. b. Kebiasaan bentuk tes selama ini
  2. d. Uraian objektif
  3. e. Materi. konstruksi, dan bahasa
  4. d. Tujuan, materi, kegiatan pembelajaran, metode, media dan sumber belajar, evaluasi
  5. c. Pertimbangan ahli (expert judgement)
  6. c. Tingkat kesulitan soal
  7. b. Kemantapan, ketepatan dan homogenitas
  8. a. Membedakan kelompok yang pandai dan kelompok yang kurang pandai
  9. a. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas.
  10. c. Butir soal terlalu mudah
  11. b. Bentuk operasional pendekatan saintifik
  12. c. Proporsi peserta tes yang tidak menjawab pada semua alternatif jawaban
  13. d. Memahami (comprehension)
  14. d. Guru bersama peserta didik.
  15. a. Setidaknya 5% dari peserta tes memilih jawaban tersebut
  16. c. Soal dapat dipahami dengan mudah
  17. a. Memberikan konsistensi hasil pengukurannya
  18. c. Mengomunikasikan
  19. c. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya rendah
  20. c. Kompetensi inti dan kompetensi dasar yang dipilih
  21. c. Penemuan terbimbing
  22. b. Komunikasi paling efektif jika dilakukan secara verbal
  23. a. Fakta, konsep, dan prosedur
  24. b. Terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan produk
  25. c. Norm-referenced evaluation
  26. a. Observasi
  27. c. Perlu dilakukan perbaikan pada unsur sikap yang belum baik
  28. d. Potensi peserta didik, kompleksitas kompetensi, dan daya dukung lingkungan
  29. a. Guru melakukan pengulangan pada materi yang belum tuntas
  30. b. Organisasi bagian siswa
  31. b. Hasil penilaian dikomunikasikan kepada peserta didik yang dinilai, dan perkembangannya dilaporkan orang tua siswa dan wali kelas
  32. c. Indikator dalam RPP yang dikembangkan dari KI dan KD
  33. d. Karakteristik penelitian tindakan kelas
  34. d. Stress
  35. a. Kenakalan remaja
  36. a. Penilaian terhadap diri sendiri
  37. b. Bahan perbandingan dengan hasil penilaian kinerja guru untuk melakukan negosiasi materi PKB
  38. a. Hasil penilaian formatif
  39. a. Guru dapat melakukannya tanpa harus meninggalkan tugas mengajar
  40. c. Variable masalah, variabel tindakan dan subyek penelitian
  41. a. Pesan, orang, bahan, peralatan, lingkungan, dan teknik
  42. a. Microsoft excel
  43. b. Teks atau suara
  44. d. Penampilan fisik, sikap tubuh, cara berjalan, ekspresi wajah, serta sentuhan
  45. c. Saintifik
  46. e. Pencapaian kompetensi
  47. c. Langkah-langkah pembelajaran
  48. d. Pendekatan perubahan tingkah laku
  49. a. Memotivasi
  50. a. Penilaian untuk pembelajaran
  51.  

  52. Soal selanjutnya silahkan klik disini

    Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judulSKB CPNS :  SKB GURU SD SMP SMA SMK
     

0 Response to "SKB CPNS : SKB GURU"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel