SKB CPNS : SKB GURU PEDAGOGIK

SKB Guru CPNS 2020 - Selamat datang, bagi para penjuang CPNS ASN yang baru saja mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), dan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu SKB Seleksi kompetensi Bidang SKB CPNS . Berikut admin sampaikan mengenai SKB GURU PEDAGOGIK



  1.  Penjelasan tentang kompetensi dan kualifikasi guru terdapat pada... 
a. PP No 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan 
b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007 
c. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 23 
d. UU Sisdiknas Tahun 2003 
e. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 24 
  1. Sikap dan praktik pengelolaan pembelajaran abad 21 bagi seorang guru yaitu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran serta 
a. Berpikir fakutual dan reaktif atas informasi yang ada 
b. Penguatan tugas utama guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif 
c. Menerapkan information delivery dalam pembelajaran 
d. Menghindari penggunaan smarthone yang berlebihan dalam pembelajaran 
e. Menggunakan single media dalam pembelajaran 
  1. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi... 
a. Professional 
b. Intelektual 
c. Kepribadian 
d. Sosial 
e. Pedagogik 
  1. Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik serta mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik merupakan kompetensi... 
a. Pedagogik 
b. Kepribadian 
c. Humanis 
d. Sosial 
e. Professional 
  1. Memahami karateristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi... 
a. Kepribadian 
b. Pedagogik 
c. Sosial 
d. Professional 
e. Kepribadian dan profesional 
  1. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal dengan kreativitasnya termasuk kemampuan pedagogik pada aspek... 
a. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik 
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran 
c. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik 
d. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik 
e. Pengembangan kurikulum 
  1. Menerapkan berbagai pendekatan strategi metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek... 
a. Pengembangan kurikulum 
b. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik 
c. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran 
d. Berkomunikasi pada peserta didik 
e. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik 
  1.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi... 
a. Professional 
b. Kepribadian 
c. Sosial 
d. Pedagogik 
e. Intelektual 
  1. Indikator guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran ditandai dengan... 
a. Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu 
b. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan 
c. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran 
d. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan 
e. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar 
  1. Kecenderungan guru untuk memberikan perlakuan yang sama terhadap anak-anak mengakibatkan anak 
a. Ada toleransi terhadap anak-anak lain 
b. Tidak menghargai perbedaan 
c. Mampu bekerja sama dengan temannya 
d. Anak dapat bekerja sendiri-sendiri 
e. Anak dapat bekerja dalam kelompok dengan baik 
  1. Salah satu contoh aplikasi teori behavioristik dalam pembelajaran adalah 
a. Pembelajaran kolaboratif 
b. Pembelajaran dengan web 
c. Pembelajaran dengan powerpoint 
d. Pembelajaran dengan sosial media 
e. Pembelajaran mandiri
  1. Penguat negatif harus dikurangi agar respon yang diberikan berbeda merupakan pendapat yang diberikan oleh ... 
a. Slavin 
b. Skinner 
c. Guthrie 
d. Watson 
e. Thorndike 
  1. Tingkah laku baru dapat dipelajari jika dipecah menjadi bagian-bagian. Pernyataan ini merupakan teori behavioristik dari aliran... 
a. Teori belajar social 
b. Classical Conditioning 
c. Operant Conditioning 
d. Koneksionisme 
e. Perfeksionisme 
  1. Salah satu inti dari teori behavioristic menurut Guthrie adalah 
a. Hukuman memegang peranan penting dalam proses pembelajaran 
b. Perubahan mental merupakan factor yang tidak perlu diperhitungkan 
c. Pengaruh hukuman terhadap perubahan tingkah laku sangat bersifat sementara 
d. Pemuasan kebutuhan biologis adalah penting dan menempati posisi central dalam seluruh kegiatan manusia 
e. Hukuman dapat mendorong si terhukum melakukan hal-hal lain yang kadangkala lebih buruk dari pada kesalahan yang diperbuatnya 
  1. "Segala sesuatu di alam telah terstruktur, teratur, dan rapi. Pengetahuan juga telah terstruktur rapi" merupakan pandangan dari teori... 
a. Behavioristik 
b. Konstruktivistik 
c. Kognitif 
d. Humanistik 
e. Kokonstruktivistik 
  1. Di dalam kegiatan pembelajaran guru kurang memperhatikan perbedaan individual anak, maka anak 
a. Penuh toleransi terhadap sesamanya 
b. Dapat bekerja sama dengan anak lain 
c. Sangat menghargai kesamaan 
d. Senang membantu sesamanya 
e. Memiliki rasa empati pada sesamanya 
  1. Ketertinggalan Indonesia dari negara-negara lain di sektor pendidikan lebih banyak disebabkan oleh 
a. Cenderung membentuk manusia yang sama kurang menghargai perbedaan 
b. Kurangnya fasilitas dan sarana pendidikan 
c. Bidang pendidikan dipandang kurang penting dibandingkan politik dan ekonomi 
d. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat 
e. Pembangunan sumber daya alam yang lebih dominan daripada sumber daya manusia 
  1. Kurangnya motivasi belajar dan rendahnya pestasi belajar siswa lebih banyak disebabkan karena 
a. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua 
b. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok 
c. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap 
d. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa 
e. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain 
  1. Kegiatan mengkategori memiliki dua komponen yaitu; 
1) Tindakan pembentukan konsep, dan 
2) Tindakan pemahaman konsep
Pendapat yang disampaikan oleh:
a. Guthrie 
b. Piaget 
c. Gardner 
d. Brunner 
e. Ausubel
  1. Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru dalam diri seseorang dengan cara mengkaitkannya dengan struktur kognitif yang sudah ada merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut 
a. Teori Skema 
b. Teori Elaborasi 
c. Web Teaching 
d. Hirarki belajar 
e. Kurikulum spiral 
  1. Proses menerima informasi dari lingkungan dan merespon sesuai dengan struktur kognitif yang telah dimiliki disebut juga dengan... 
a. Equilibirasi 
b. Akomodasi 
c. Disequilibirasi 
d. Interiorisasi 
e. Asimilasi 
  1. Menurut Piaget saat anak sudah mampu menjelaskan hubungan antara sebab akibat maka anak tersebut telah berada pada tahap perkembangan 
a. Operasional kongkrit 
b. Pra operasional 
c. Intuitif
d. Operasional formal 
e. Senso motor
  1. Pemikiran prakonseptual dan periode pemikiran intuitif merupakan bagian dari tahap-tahap perkembangan Piaget yang berada pada tahapan... 
a. Operasi Formal 
b. Intuitif 
c. Pra-operasional 
d. Sensor' motor 
e. Operasi Konkrit 
  1. Penyeimbangan tendensi bawaan untuk mengorganisasikan pengalaman agar mendapatkan adaptasi yang maksimal dalam teori kognitif disebut... 
a. Interiorisasi 
b. Akomodasi 
c. Asimilasi 
d. Disequilibirasi 
e. Equilibirasi 
  1. Perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf merupakan teori yang disampaikan oleh 
a. Ausubel 
b. Piaget 
c. Brunner 
d. Gardner 
e. Guthrie 
  1. Dalam teori kognitif keadaan yang dipengaruhi oleh bagian otak sebelah kanan adalah... 
a. Interiorisasi 
b. Equilibirasi 
c. Disequilibirasi 
d. Akomodasi 
e. Asimilasi 
  1. Penataan urutan materi pelajaran dengan memunculkan gagasan mengenai prasyarat belajar, yang dituangkan dalam suatu struktur isi, merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut 
a. Teori Elaborasi 
b. Web Teaching 
c. Teori Skema 
d. Hirarki belajar 
e. Kurikulum spiral 
  1. Seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal merupakan tahap perkembangan kognitif yang disebut 
a. Tahap ikonik 
b. Tahap simbolik 
c. Tahap enaktif 
d. Tahap intuitif 
e. Tahap Formal 
  1. Jarak antara perkembangan actual dan perkembangan potensial dalam teori kokonstruktivistik dikenal dengan.,, 
a. Hirarkhi perkembangan 
b. Scofalding 
c. Hukum Genetik Perkembangan 
d. Mediasi 
e. Zona Perkembangan Proksimal 
  1. Pendekatan konstruktivistik dicobagunakan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. karena pendekatan ini 
a. Membentuk perilaku yang sama di antara siswa 
b. Menuntut keterlibatan aktif siswa 
c. Menempatkan siswa sebagai "aktor" dalam belajar 
d. Menempatkan siswa sebagai "objek" dalam belajar 
e. Mengharuskan siswa untuk selalu memperhatikan petunjuk guru 
  1. Teori belajar ko-konstructivistik menekankan proses pembelajaran pada... 
a. Belajar merupakan penambahan ilmu pengetahuan 
b. Belajar membentuk pengetahuan sendiri 
c. Belajar melalui bantuan orang lain 
d. Belajar menekankan pada ilmu 
e. Belajar adalah proses memindahkan pengetahuan 
  1. Salah satu ciri dari teori ko-konstruktivistik adalah... 
a. Mengutamakan perkembangan actual dari pada perkembangan potensialnya 
b. Mengintegrasikan pengetahuan deklaratif dengan pengetahuan prosedural untuk memecahkan masalah 
c. Strategi meningkatkan kernampuan intramentalnya dari pada intermentalnya 
d. Proses belajar merupakan kegiatan individu untuk membangun pengetahuan 
e. Proses belajar merupakan proses memindahkan ilmu pengetahuan 
  1. Belajar merupakan pemaknaan pengetahuan dan mengajar merupakan proses menggali makna. hal tersebut merupakan ciri dari teori... 
a. Kognitif 
b. Sibernetik 
c. Konstruktivistik 
d. Behavioristik 
e. Humanistic 
  1. Pengetahuan berasal dari sumber-sumber sosial, di samping individu sendiri harus aktif merupakan prinsip pembelajaran berdasarkan teori... 
a. Humanistik 
b. Kokonstruktivistik 
c. Behavioristik 
d. Konstruktivistik 
e. Sibernetik 
  1. Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran karena pendekatan ini 
a. Mudah dalam mengevaluasi hasil belajar siswa 
b. Siswa belajar dalam kelompok. maka tugas guru lebih ringan 
c. Siswa banyak diberi tugas. sehingga belajar lebih aktif. 
d. Menempatkan siswa sebagai subyek belajar. 
e. Mudah dalam mentransfer ilmu pengetahuan 
  1. Mind berfungsi sebagai alat menginterpretasi sehingga muncul makna yang unik merupakan salah satu ciri belajar menurut teori... 
a. Humanistic 
b. Konstruktivistik 
c. Behavioristik 
d. Kognitif 
e. Sibernetik 
  1. Model belajar kelompok (kooperatif) dapat membantu siswa meningkatkan 
a. Dapat bekerja sama dengan Leman yang sesuai 
b. Kemampuan kreatif anak 
c. Kebersamaan dengan temannya 
d. Daya kritis anak 
e. Kemampuan sosial anak 
  1. Ciri dari teori belajar konstruktivistik adalah... 
a. Aktivitas belajar dalam konteks nyata 
b. Menekankan pada hasil 
c. Evaluasi merupakan bagian terpisah dari belajar 
d. Adanya aturan yang jelas dan mengikat 
e. Siswa dihadapkan pada aturan•aturan yang jelas yang ditetapkan lebih dulu secara ketat 
  1. Belajar bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya yaitu dengan orang-orang di sekelilingnya dengan baik. Merupakan ciri dari belajar 
a. Technical Learning 
b. Emancipatory learning 
c. Practical learning 
d. Discovery learning 
e. Collaborative learning 
  1. Tingkat tertinggi dari domain kognitif adalah... 
a. Sintesis 
b. Kreatif 
c. Aplikasi 
d. Pemahaman 
e. Analisis 
  1. Sumbangan ide dari Hubermas terhadap teori humanistic adalah... 
a. Pembagian Golongan orang yang belajar 
b. Domain hasil belajar 
c. Tipe-tipe belajar 
d. Pembagian tahapan belajar 
e. Tingkat perkembangan kognitif 
  1. Anak akan merasa belajar itu menyenangkan jika 
a. Ada keterlibatan intelektual dan emosional anak 
b. Belajar yang dipraktekkan 
c. Diadakan kompetisi dalam belajar 
d. Belajar melalui penyelesaian tugas terstruktur 
e. Sesuai dengan taraf berpikir anak 
  1. Agar pembelajaran menyenangkan bagi anak upaya yang perlu dilakukan guru adalah 
a. Anak disuruh mempraktekkan materi yang dipelajari 
b. Memecah-mecah materi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil 
c. Mengkaitkan materi pelajaran dengan pengalaman anak 
d. Anak diminta untuk membaca literatur yang telah disediakan guru 
e. Diberi latihan•latihan soal 
  1. Berpikir induktif membuat abstraks mengembangkan teori, konsep, hukum, prosedur terhadap obyek perhatiannya merupakan tahap belajar menurut Kolb yaitu tahap... 
a. Tahap eksperimentasi aktif 
b. Tahap pengamatan aktif 
c. Tahap Pengamatan reflektif 
d. Tahap pengalaman konkrit 
e. Tahap konseptualisasi 
  1. Belajar yang menekankan pada upaya agar seseorang mencapai suatu pemahaman dan kesadaran yang tinggi akan terjadinya perubahan atau transformasi budaya dalam lingkungan sosialnya. Merupakan ciri dari belajar 
a. Collaborative learning 
b. Technical Learning 
c. Practical learning 
d. Discovery learning 
e. Emancipatory learning 
  1. Guru harus berupaya agar anak senang belajar dengan cara anak 
a. Melakukan demonstrasi 
b. Berani mengemukakan pendapat atau gagasannya 
c. Mencari teman belajar yang cocok 
d. Mampu memanfaatkan waktu belajar sebaik-baiknya 
e. Taat pada aturan-aturan belajar 
  1. Tokoh dari teori humanistic yang terkenal dengan pembagian domain hasil belajar adalah... 
a. Bloom & Krathwohl 
b. Hubermas 
c. Gardner 
d. Kolb 
e. Honey & Mumford 
  1. Banyak menggunakan penalaran, kritis suka menganalisis, berpikir rasional, kembali ke teori, konsep, hukum, tidak suka pendapat yang subyektif, penuh pertimbangan tidak suka spekulatif, tegas/kuat pendiriannya, tidak mudah terpengaruh Menurut HONEY & MUMFORD merupakan ciri dari golongan... 
a. Individualis 
b. Teoritis 
c. Pragmatis 
d. Reflektor 
e. Aktis 
  1. Karakteristik umum peserta didik meliputi beberapa aspek mana yang bukan merupakan aspek dari karakteristik umum tersebut? 
a. Gender 
b. Minat 
c. Gaya belajar 
d. Kultural 
e. Status social 
  1. Minat merupakan salah satu karakteristik umum peserta didik, memegang peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk melihat peserta didik memiliki minat tinggi atau tidak dapat dilihat dari indikator yang tampak dari peserta didik tersebut. Berikut yang bukan merupakan indikator minat yaitu... 
a. Rasa senang 
b. Perhatian 
c. Keterlibatan 
d. Ketertarikan 
e. Rasa Percaya 
JAWABAN

  
  1. d. Melakukan tindakan reflektif
  2. b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007
  3. b. Penguatan tugas utama guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif
  4. c. Kepribadian
  5. d. Sosial
  6. b. Pedagogik
  7. a. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
  8. c. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
  9. a. Professional
  10. a. Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
  11. b. Tidak menghargai perbedaan
  12. c. Pembelajaran dengan powerpoint
  13. b. Skinner
  14. c. Operant Conditioning
  15. a. Hukuman memegang peranan penting dalam proses pembelajaran
  16. a. Behavioristik
  17. c. Sangat menghargai kesamaan
  18. a. Cenderung membentuk manusia yang sama kurang menghargai perbedaan
  19. d. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
  20. d. Brunner
  21. a. Teori Skema
  22. e. Asimilasi
  23. d. Operasional formal
  24. c. Pra-operasional
  25. e. Equilibirasi
  26. b. Piaget
  27. b. Equilibirasi
  28. d. Hirarki belajar
  29. c. Tahap enaktif
  30. e. Zona Perkembangan Proksimal
  31. c. Menempatkan siswa sebagai "aktor" dalam belajar
  32. c. Belajar melalui bantuan orang lain
  33. b. Mengintegrasikan pengetahuan deklaratif dengan pengetahuan prosedural untuk memecahkan masalah
  34. c. Konstruktivistik
  35. b. Kokonstruktivistik
  36. d. Menempatkan siswa sebagai subyek belajar.
  37. b. Konstruktivistik
  38. e. Kemampuan sosial anak
  39. a. Aktivitas belajar dalam konteks nyata
  40. c. Practical learning
  41. b. Kreatif
  42. c. Tipe-tipe belajar
  43. a. Ada keterlibatan intelektual dan emosional anak
  44. c. Mengkaitkan materi pelajaran dengan pengalaman anak
  45. e. Tahap konseptualisasi
  46. e. Emancipatory learning
  47. b. Berani mengemukakan pendapat atau gagasannya
  48. a. Bloom & Krathwohl
  49. b. Teoritis
  50. c. Gaya belajar               
Soal selanjutnya silahkan klik disini

Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS :  SKB GURU PEDAGOGIK

0 Response to "SKB CPNS : SKB GURU PEDAGOGIK "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel