SKB CPNS : PEDAGOGIK SKB GURU SD SMP SMA SMK sesuai kisi-kisi terbaru

SKB Guru CPNS 2020 - Selamat datang, bagi para penjuang CPNS ASN yang baru saja mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), dan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu SKB Seleksi kompetensi Bidang SKB CPNS . Berikut admin sampaikan mengenai PEDAGOGIK SKB GURU


  1. Evaluasi program pendidikan dan pembelajaran dapat dilakukan secara makro dan mikro. Evaluasi program pendidikan yang bersifat makro adalah evaluasi yang dikenakan pada.... 
a. Kualitas buku ajar dan sumber belajar 
b. Program pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan 
c. Kualifikasi akademik pendidik 
d. Akreditasi yang diraih oleh sekolah 
e. Program pembelajaran di kelas, dalam hal ini hasil belajar belajar peserta didik 
  1. Penilaian harus sesuai dengan kriteria atau ketentuan sudah ditetapkan dan tidak dipengaruhi faktor subyektivitas penilai atau pertimbangan•pertimbangan lain yang tidak ada kaitannya dengan penilaian. Proses penilaian tersebut mennperhatikan prinsip penilaian.... 
a. Sistematis 
b. Bermanfat 
c. Objektif 
d. Terbuka 
e. Adil 
  1. Dalam lingkup pengujian hasil belajar yang luas penggunaan tes objektif lebih menguntungkan dari pada tes bentuk uraian. Namun demikian penggunaan tes objektif juga memiliki kelemahan dibandingkan tes uraian. Salah satu kelemahan terebut adalah.... 
a. Jawaban yang diberikan peserta tes tidak terkait dengan pertanyaan. 
b. Tidak mengembangkan daya nalar peserta tes 
c. Tingkat reliabilitas dan validitas soal rendah. 
d. Sifat soal cenderung hanya mengungkap pengetahuan yang dangkal. 
e. Koreksi hasil tes relatif lama karena jumlah butir banyak 
  1. Penilaian otentik dirasakan mampu meninkgkatkan keaktifan dan kreativitas peserta didik. Namun demikian. penilaian otentik juga memiliki beberapa kelemahan. salah satunya adalah.... 
a. Proses penilaian dirasa menjemukkan bagi peserta didik 
b. Tidak merefleksikan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia nyata. 
c. Tidak mementikan keterpaduan pembelajaran di sepanjang waktu 
d. Proses penilaian kurang praktis untuk jumlah peserta didik yang banyak 
e. Lebih mendorong kerja individual bagi peserta didik 
  1. Seorang pendidik melakukan penilaian otentik yang ditujukan untuk menilai kemampuan melaksanakan keterampilan yang meliputi beberapa komponen dengan lancar, tepat, urut dan efisien. Aspek keterampilan yang dinilai pendidik tersebut adalah aspek.... 
a. Gerakan terbimbing 
b. Persepsi 
c. Gerakan kompleks 
d. Kesiapan 
e. Gerakan terbiasa 
  1. Bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk menulis teks narasi. ekspositori. persuasi. atau kombinasi berbeda dari teks. Teks tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk.... 
a. Menulis sampel teks 
b. Menceritakan kembali teks 
c. Pertanyaan terbuka
d. Eksperimen atau demonstrasi 
e. Jurnal 
  1. Kemampuan peserta didik pada penilaian otentik ditentukan dengan mencocokkan kinerja peserta didik terhadap seperangkat kriteria untuk menentukan sejauh mana kinerja peserta didik memenuhi kriteria untuk tugas tersebut. Hal berkaitan dengan langkah penilaian otentik... 
a. Pengolahan sekor 
b. Identifikasi kompetensi 
c. Penentuan sekor 
d. Penentuan kriteria 
e. Perumusan rubrik 
  1. Pada penilaian kinerja peserta didik diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu dengan maksud agar peserta didik mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Instrumen yang dapat digunakan untuk merekam hasil belajar pada penilaian kinerja terebut adalah.... 
a. Lembar penilaian antar teman 
b. Lembar jurnal 
c. Skala penilaian (rating scale) 
d. Penilaian diri sendiri 
e. Kuesioner 
  1. Penilaian otentik pada hakekatnya berbeda dengan penilaian tradisional yang bisa dilakukan oleh pendidik di kelas. Salah satu karakteristik penilaian otentik adalah.... 
a. Peserta didik diminta untuk mencatat semua materi yang diajarkan. 
b. Peserta didik diminta untuk membuat soal dan jawaban materi yang diajarkan 
c. Peserta didik diminta untuk menambah materi yang diajarkan 
d. Peserta didik diminta untuk menghafalkan materi yang diajarkan 
e. Peserta didik diminta untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari 
  1. Penilaian otentik memiliki kelebihan dan kelemahan di bandingkan dengan penilaian tadisional. Salah satu kelebihan penilaian otentik adalah.... 
a. Mudah dikoordinasikan dengan standar Pendidikan. 
b. Membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama dalam proses koordinasi. 
c. Memudahkan pendidik untuk memberikan penilaian yang konsisten. 
d. Mudah dan praktis untuk diterapkan di kelas yang banyak jumah peserta didiknya 
e. Meningkatkan kreativitas dan kerja yang bersifat kolaboratif 
  1. Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok merupakan contoh penilaian otentik berbentuk.... 
a. Penilian kinerja 
b. Penilaian antar teman 
c. Penilaian portofolio 
d. Penilaian proyek 
e. Jurnal 
  1. Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian aseorang pendidik meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan canto!) penilaian otentik berbentuk.... 
a. Penilaian kinerja 
b. Penilaian diri 
c. Penilaian portofolio 
d. Penilaian antar teman 
e. Penilaian proyek 
  1. Menentukan tugas-tugas belajar yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan memperhatikan keterkaitan antara kompetensi belajar dan dunia nyata merupakan langkah pengembangan peniaian otentik.... 
a. Penentuan tugas-tugas belajar 
b. Identifikasi kompetensi 
c. Pengolahan skor 
d. Perumusan rubrik 
e. Penentuan skor 
  1. Berikut merupakan langkah•langkah dalam penulisan soal tes. 
(a) Perumusan tujuan tes. 
(b) Perhulisan butir soal. 
(c) Penyusunan kisi-kisi tes. 
(d) Uji coba/analisis. 
(e) Penentuan bentuk pelaksanaan tes. 
(f) Penelaahan butir soal, 
(g) Perakitan soal/perangkat tes. 
Langkah-langkah secara runtut dalam penulisan soal tes yang benar adalah 
a. a, b, c, d, e, f, g 
b. a, d, c, b, f, e, g 
c. a, e, c, b, f, d, g 
d. a, c, b, d, e, f, g 
e. a, e, c, f, b, d, g 
  1. Perumusan tujuan tes dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, kecuali.. 
a. Penggunaan tes 
b. Kompetensi Guru penyusun soal 
c. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
d. Indikator Kompetensi Dasar 
e. Kompetensi Dasar sesuai kurikulum yang berlaku
  1. Di samping tes awal yang dilakukan oleh guru, bekal ajar peserta didik dapat dianalisis melalui...
a. Pemberian kuisioner yang diberikan kepada peserta didik 
b. Portofolio yang dimiliki dari kelas atau satuan pendidikan sebelumnya 
c. Analisis keterampilan yang diperagakan peserta didik 
d. Analisis pengetahuan yang dimiliki peserta didik 
e. Wawancara dengan peserta didik
  1. Kompetensi peserta didik di kembangkan berdasarkan pada potensi yang dimilikinya. Potensi pengetahuan awal peserta didik dapat diketahui melalui…. 
a. Tes awal meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebelum pembelajaran dilakukan 
b. Tes awal meliputi aspek pengetahuan sebelum pembelajaran dilakukan 
c. Pengujian awal meliputi aspek pengetahuan, dan sikap sebelum pembelajaran dilakukan 
d. Pengujian awal meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebelum pembelajaran dilakukan 
e.  Tes awal meliputi sikap dan pengetahuan sebelum pembelajaran dilakukan
  1. Salah satu wahana untuk mempublikasikan karya tulis adalah melalui Blog. Blog adalah.... 
a. Aplikasi web yang memuat karya tulis dan dapat diakses hanya oleh kalangan sendiri 
b. Situs jejaring sosial yang ada di jagad web 
c. Aplikasi web yang memuat karya tulis dan dapat diakses oleh khalayak umum 
d. Sebuah situs yang berisi tentang artikel ensiklopedia dan referensi Online tingkat dunia 
e. Media online yang berisi tentang segala aplikasi
  1. Jika seorang guru membelajarkan siswa yang dipercayai berada pada tahap ikonik, maka yang dilakukan adalah.... 
a. Pembelajaran menggunakan simbol-simbol bahasa logika atau rumus matematika 
b. Pembelajaran dengan media buku teks yang beragam 
c. Pembelajaran dengan bahasa yang memiliki makna konotatif 
d. Pembelajaran melalui gambar atau visualisasi verbal 
e. Pembelajaran menggunakan informasi langsung dari guru
  1. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia. Tidak terkeeuali dalam diunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk memnpengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari 
a. Diterminisme teknologi 
b. Diterminisme budaya 
c. Diterminisme ICT 
d. Diterminisme sosial 
e. Diterminisme teknologi dan efek media 
  1. Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dan sudut pandang teknologi pendidikan TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar? 
a. Sebagai guru abad 21. guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media. 
b. Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak rnenimbulkan pengaruh buruk 
c. Guru kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proms pembelajaran sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran. 
d. Tidak ada kekuatan apapun yang bisa menghentikan pengaruh tekrologi dan media dalam dunia pendidikan karena itu guru terus beradaptasi dengan perkembangan baru ini. 
e. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran 
  1. Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah 
a. Sebagai media promosi 
b. Sebagai media literasi 
c. Sebagai media hiburan 
d. Sebagai media sumber belajar 
e. Sebagai media komunikasi 
  1. Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial. yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan Eoogan institusi sosial lainnya termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah? 
a. Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran. 
b. Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran. 
c. Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa karena rnenempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media. 
d. Media menjadi insitusi otonom atau indipenten terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi Iebih terintegrasi dengan institusi pendidikan. 
e. Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru 
  1. Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital merupakan deskripsi dari standar 
a. Memfasilitasi dan Menginspirasi pembelajaran dan Kreativitas 
b. Mempromosikan dan Model Digital Eitizenship dan Tanggung Jawab 
c. Memfasilitasi pembelajar kekinian 
d. Model Kerja dan Belajar Digital-Age 
e. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
  1. Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri yang disebut sebagai? 
a. Media Berbasis web 
b. Media transformasi 
c. Multimedia 
d. Media Berbasis TIK 
e. Media konvergensi 
  1. Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan 
a. Semakin merosotnya nilai-nilai karakter siswa 
b. Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari•hari 
c. Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia. 
d. Hasil belajar siswa yang mulai meningkat salah satu menggunakan media dan teknologi digital. 
e. Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan panbelajaran 
  1. Berikut yang bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah 
a. Community of Practice (Komunitas Praktik) 
b. Interating with others 
c. Interative Instrution and Personal Response System 
d. Personal Response System (PRS) 
e. Interative Instrution (Pembelajaran Interaktif) 
  1. Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (Internet) sebagai media peralatan interaktif apapun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut 
a. Alternative tools 
b. Independent tools 
c. Interative tools 
d. Situational toils 
e. Interating with others 
  1. Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia 
a. Web 
b. Blog 
c. Wiki 
d. Podeast 
e. Proquest 
  1. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogik pada aspek... 
a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik 
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran 
c. Pengembangan kurikulum 
d. Melakukan tindakan reflektif 
e. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik 

JAWABAN



  1. b. Program pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan
  2. c. Objektif
  3. b. Tidak mengembangkan daya nalar peserta tes
  4. d. Proses penilaian kurang praktis untuk jumlah peserta didik yang banyak
  5. c. Gerakan kompleks
  6. a. Menulis sampel teks
  7. d. Penentuan kriteria
  8. c. Skala penilaian (rating scale)
  9. e. Peserta didik diminta untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari
  10. e. Meningkatkan kreativitas dan kerja yang bersifat kolaboratif
  11. d. Penilaian proyek
  12. a. Penilaian kinerja
  13. a. Penentuan tugas-tugas belajar
  14. c. a, e, c, b, f, d, g
  15. b. Kompetensi Guru penyusun soal
  16. b. Portofolio yang dimiliki dari kelas atau satuan pendidikan sebelumnya
  17. b. Tes awal meliputi aspek pengetahuan sebelum pembelajaran dilakukan
  18. c. Aplikasi web yang memuat karya tulis dan dapat diakses oleh khalayak umum
  19. d. Pembelajaran melalui gambar atau visualisasi verbal
  20. c. Diterminisme ICT
  21. e. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru. Karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran
  22. d. Sebagai media sumber belajar
  23. d. Media menjadi insitusi otonom atau indipedenten terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi Iebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
  24. d. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
  25. d. Media Berbasis TIK
  26. c. Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
  27. b. Interating with others
  28. c. Interative tools
  29. c. Wiki
Soal selanjutnya silahkan klik disini

Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS :  PEDAGOGIK SKB GURU SD SMP SMA SMK sesuai kisi-kisi terbaru

0 Response to "SKB CPNS : PEDAGOGIK SKB GURU SD SMP SMA SMK sesuai kisi-kisi terbaru"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel