SKB CPNS : PEDAGOGIK-SKB GURU SD SMP SMA SMK
SKB Guru CPNS 2020 - Selamat datang, bagi para penjuang CPNS ASN
yang baru saja mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), dan masuk ke
tahap selanjutnya, yaitu SKB Seleksi kompetensi Bidang SKB CPNS .
Berikut admin sampaikan mengenai PEDAGOGIK SKB GURU
KUNCI JAWABAN
- Tujuan penyampaian tujuan pembelajaran dalam bahan ajar cetak di bagian Pendahuluan adalah
a. Agar soal-soal evaluasi segera dapat ditulis oleh guru.
b. Agar siswa dapat memahami kemampuan yang harus dikuasai setelah belajar
c. Karena guru merupakan satu•satunya sumber belajar
d. Karena tujuan pembelajaran tidak terlalu penting bagi siswa dan guru
e. Penyampaian materi tidak terganggu oleh hadirnya tujuan pembelajaran
- Berikut manakah bahan ajar noncetak yang paling tepat biasanya digunakan untuk pembelajaran jarak jauh adalah
a. e-commerce
b. e-modul
c. e-book
d. e-leaming
e. e-Pub
- Bahan ajar cetak sederhana yang dapat digunakan untuk bahan rujukan. memberi motivasi. pengingat. memberi umpan balik dan menilai hasil belajar adalah....
a. Modul
b. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
c. Handout
d. Buku Teks
e. Lembar Kerja Siswa (LKS)
- Dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 menjelaskan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang•kurangnya
a. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran. dan penilaian basil belajar
b. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran. dan penilaian basil belajar
c. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian basil belajar. dan bobot penilaian hasil belajar
d. Kompetesi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran dan penilaian hasil belajar
e. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk satu
a. Satu kompetensi dasar
b. Satu sampai dua pertemuan
c. Tiga tujuan pembelajaran
d. Dua indikator
e. Satu kompetensi inti
- Dengan rumus pythagoras siswa mampu menghitung sisi miring bangun siku-siku, merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan
a. Menerapkan
b. Memahami
c. Menganalisis
d. Mengingat
e. Mencipta
- Pernyataan berikut yang relevan dengan prinsip•prinsip pembelajaran (Permendikbud RI No 22 tahun 2016) adalah
a. Pembelajaran yang bukan menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru
b. Dari peserta didik mencari tahu menuju peserta didik diberi tahu
c. Dari pembelajaran berbasis kompetensi menuju pembelajaran berbasis konten dan tematik
d. Partisipasi aktif peserta didik dan berpusat pada peserta didik
e. Pembelajaran dapat diimplementasikan kapan saja. dimana saja dan dengan siapa saja
- Dengan disediakan dua magnet dan paku. siswa klas V SD melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut kurang komponen
a. Kondisi dan tingkatan (degree)
b. Kondisi
c. Degree
d. Audience
e. Behavior dan Degree
- Seorang Guru mata pelajaran kimia hendak memeragakan proses kimia Sel Volta. Metode yang relevan untuk dipilih adalah
a. Metode drill and practice
b. Metode praktikum
c. Metode eksperimen
d. Metode diskusi
e. Metode demonstrasi
- Sintaks model scientific meliputi
a. Membaca data, Menanya, Mengumpulkan, Menegosiasikan, dan membuat laporan
b. Mengobservasi, Menanya, mengumpulkan, menalar, dan mengkomunikasikan
c. Menidentifikasi masalah, Menanya, mengumpulkan, Menegosiasikan, dan menyusun laporan
d. Mengamati, Menanya, Mendiskusikan. Menegosiasikan, dan mengkomunikasikan
e. Mengamati, Menanya, Membuat hipotesis, Menegosiasikan, dan menyusun laporan penelitian
- Bapak Agus menyadari bahwa belajar yang baik adalah memberikan pengalaman langsung pada siswa. Bapak Agus memilih metode pembelajaran relevan adalah
a. Metode eksperimen
b. Metode praktikum demonstrasi
c. Metode role playing
d. Metode diskusi
e. Metode simulasi
- Merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016 karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah adalah
a. Pengembangan ketiga ranah secara berkesimbungan. dan fokus model pembelajaran 'floury
b. Pengembangan ranah kognitif secara utuh dan pendekatan student centred learning
c. Pengembangan ketiga ranah secara parsial dan fokus model pembelajaran berbasis masalah
d. Pengembangan ketiga ranah secara parsial dan fokus model scientific
e. Pengembangan ketiga ranah secara utuh dan pendekatan student centred Learning
- Dalam kurikulum 2013 model pembelajaran yang layak dikembangkan dalam RPP mengimplementasikan
a. Teacher centred learning model
b. Model Demonstrasi
c. Mix centred learning models
d. Problem Based Learning Model
e. Contekstual Teaching Learning (CTL)
- Untuk mengukur hasil peserta didik dapat digunakan tes bentuk atau tes bentuk uraian. Kedua macam bentuk tes ini memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Salah satu kelebihan tes uraian dibandingkan tes obyektip adalah....
a. Informasi hasil tes lebih cepat
b. Mengukur kemampuan yang lebih kompleks
c. Tingkat reliabilitas tinggi
d. Lingkup materi lebih luas.
e. Tingkat validitas tinggi
- Salah satu indikator keberhasilan pendidik mengajar adalah hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik harus mencakup ketiga ranah kemampuan yakni kognitip. afektip, dan psikomotorik. Untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar tersebut itu harus dilaksanakan pengukuran. Pengukuran dapat diartikan sebagai proses....
a. Memberi bentuk kualitatif pada hasil belajar.
b. Menjabarkan skala hasil belajar
c. Mengkuantifikasikan hasil belajar
d. Menentukan tingkat KKM hasil belajar
e. Membuat sekor standar hasil belajar
- Berdasarkan hasil pengukuran dapat dilakukan proses penilaian berkaitan dengan hasil belajar peserta didik. Peneliaian hasil belajar pada dasarnya adalah kegiatan
a. Menetapkan KKM has) belajar
b. Menyamakan sekor hasil belajar
c. Menentukan lulus tidaknya peserta didik basil
d. Memberi bentuk kuntitatif pada hasil belajar
e. Mendeskripsikan skala hasil belajar
- Penilaian hasil belajar harus dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut: objektif, terpadu, sistematis, terbuka, akuntabel, menyeluruh dan berkesinambungan, adil, valid, andal, dan manfaat. Penilaian hasil belajar yang difokuskan pada intergrasi antar ranah kognitif. afektif, maupun psikomotorik merupakan bentuk penilaian yang memegang prinsip....
a. Akuntabel
b. Obyektif
c. Terpadu
d. Adil
e. Sistematis
- Hasil pengukuran pada kemampuan belajar peserta didik dapat ideskripsikan berdasarkan pada skala pengukuran yang digunakan. Skala pengukuran tersebut adalah nomkinal, ordinal, interval dan rasio. Jika seorang pendidik ingin menjabarkan hasil belajar peserta didik berdasarkan peringkat seko sebaiknya rnenggunakan skala....
a. Ordinal
b. Interval
c. Standar
d. Rasio
e. Nominal
- Dalam situasi dan kondisi tertentu. penggunaan tes bentuk objektif untuk mengukur hasil belajar ternyata lebih menguntungkan dari pada tes bentuk uraian. Salah satu kelebihan tes objektif dibanding tes bentuk uraian adalah....
a. Mengukur kemampuan yang lebih kompleks
b. Lingkup materi yang dujikan luas
c. Menjawab soal dengan ekspresi pikiran tanpa menebak.
d. Mengembangkan daya nalar peserta tes.
e. Proses koreksi hanya bisa dilakukan oleh si pembuat soal.
- Dalam kegiatan evaluasi banyak model yang dapat digunakan sesuai dengan karakteristik obyek yang dievaluasi. Untuk memperoleh informasi yang lebih luas berkaitan dengan hasil belajar peserta didik model evaluasi yang lebih digunakan adalah....
a. Model Stake
b. Model CIPP
c. Model ahli
d. Formatif - Sumatif
e. Model Tyler
- b. Agar siswa dapat memahami kemampuan yang harus dikuasai setelah belajar
- d. e-leaming
- c. Handout
- a. Identitas mata pelajaran. tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran. dan penilaian basil belajar
- a. Satu kompetensi dasar
- a. Menerapkan
- d. Partisipasi aktif peserta didik dan berpusat pada peserta didik
- c. Degree
- e. Metode demonstrasi
- b. Mengobservasi, Menanya, mengumpulkan, menalar, dan mengkomunikasikan
- a. Metode eksperimen
- e. Pengembangan ketiga ranah secara utuh dan pendekatan student centred Learning
- d. Problem Based Learning Model
- b. Mengukur kemampuan yang lebih kompleks
- c. Mengkuantifikasikan hasil belajar
- c. Menentukan lulus tidaknya peserta didik basil
- c. Terpadu
- a. Ordinal
- b. Lingkup materi yang dujikan luas
- e. Model Tyler
- Soal selanjutnya silahkan klik disini
Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS : PEDAGOGIK-SKB GURU SD SMP SMA SMK
0 Response to "SKB CPNS : PEDAGOGIK-SKB GURU SD SMP SMA SMK "
Post a Comment