15 Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar bawang hitam? Bawang putih adalah bawang yang memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Manfaat bawang hitam sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tahukah Anda jika khasiat bawang hitam berdampak positif pada status kesehatan Anda dan mencegah banyak penyakit?

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang bawang hitam. Cari tahu apa itu bawang hitam, kandungan gizi bawang hitam, dan manfaat bawang hitam melalui penjelasan di bawah ini.
Apa itu bawang hitam?

Bawang putih adalah bawang putih yang diawetkan. Proses pengawetan bawang hitam dilakukan dengan memanfaatkan reaksi Mailard. Bawang putih segar disimpan pada suhu tinggi sekitar 60-80 derajat Celcius dengan kelembaban 70-90% selama 10-40 hari.

Prosesnya akan mengubah warna bawang putih menjadi hitam dan juga mengubah sifat kimianya. Ini juga akan mengubah rasa menjadi lebih manis dan aromanya tidak terlalu kuat. Tekstur bawang hitam juga terasa lebih lembut dan kenyal seperti itu.

Kandungan nutrisi bawang hitam

Pada dasarnya bawang hitam memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan bawang putih. Namun, reaksi Mailard yang terjadi telah mengubah bentuk zat tertentu. Ada juga nutrisi yang meningkat dan ada pula yang menurun.

Bawang hitam mengandung banyak antioksidan karena kandungan alisin dalam bawang putih yang telah mengalami reaksi Mailard berubah menjadi berbagai senyawa antioksidan. Beberapa senyawa antioksidan yang terbentuk termasuk amadori, hydroxymethylfurfural, organosulfur, dan piruvat.

Bawang putih mengandung semua senyawa antioksidan ini dengan konsentrasi tinggi. Reaksi Mailard juga telah meningkatkan beberapa senyawa dalam bawang hitam seperti polifenol, flavonoid, fenilalanin, leusin, dan isoleusin.

Bahan-bahan seperti tirosin, sistein, dan fruktus yang masih dimiliki oleh bawang hitam hanya memiliki kadar lebih rendah. Selain itu, bawang hitam juga mengandung nitrogen oksida, selenium, arginine, fructosyl glutamate, dan linoleoilglycerol.

Manfaat bawang hitam yang luar biasa
Bawang putih memang telah mengalami banyak perubahan dari aslinya, yaitu bawang putih. Anda akan menemukan aroma yang kurang kuat, rasa manis, tekstur seperti-agar, dan warna hitam pada bawang hitam.

Namun, ini tidak membuat sifat bawang hitam lebih kecil dari bawang putih. Bawang hitam masih memiliki manfaat lebih daripada manfaat bawang putih karena mengandung banyak senyawa antioksidan.

1. Kaya Nutrisi

Bawang hitam adalah obat alami atau herbal yang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bawang putih hitam dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C (71 persen), kalsium (25 persen), zat besi (13 persen), karbohidrat (15 persen), dan kebutuhan serat (11 persen).
2. Sumber Antioksidan

Manfaat bawang putih hitam berikutnya adalah dapat bertindak seperti buah-buahan. Sama seperti jeruk, kiwi, blueberry, dan lainnya, bawang hitam juga merupakan sumber antioksidan yang baik, Toppers! Antioksidan dapat mencegah berbagai penyakit seperti jamur, virus, dan bakteri.

3. Mengurangi Gula Darah

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa manfaat bawang hitam dapat mengurangi kadar gula darah, Toppers. Ini karena bawang hitam dapat membantu meningkatkan produksi insulin yang berguna untuk mengurangi kadar gula darah. Jika Anda memiliki gula darah tinggi, cobalah mengonsumsi bawang merah sehingga gula darah Anda bisa stabil.

4. Menurunkan kolesterol

Selain menurunkan gula darah, bawang hitam juga bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi bawang hitam secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah di tubuh Anda hingga mencapai 15 persen.

5. Cegah Kanker

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa kandungan diallyl sulfide yang ditemukan dalam bawang putih hitam diyakini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Bawang hitam menurunkan molekul JNK dan p38MAPK yang memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Nah, peran atau manfaat bawang putih hitam di sini adalah sebagai ‘racun’ yang merusak, menghambat pertumbuhan, dan membunuh sel kanker.

6. Menstabilkan Tekanan Darah

Selanjutnya, khasiat bawang hitam lainnya juga bisa mengurangi tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi bawang hitam secara teratur, tekanan darah tinggi dapat dikurangi hingga 8 persen.

7. Pertahankan Berat Badan Ideal

Nah, jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami berat badan berlebih, bawang hitam akan sangat membantu. Karena, khasiat bawang lainnya adalah dapat mengurangi risiko obesitas. Kandungan zat antiinflamasi yang terkandung dalam bawang hitam bisa mengatur lemak tubuh, agar tidak mengalami berat badan berlebih.

8. Rahasia Awet Muda

Satu lagi manfaat bawang putih hitam yang luar biasa, yang bisa membuat kita panjang dan awet muda. Ini karena bawang hitam bisa menggantikan sel dalam tubuh yang rusak. Sehingga sel-sel dalam tubuh kita selalu dapat diperbarui dan meningkatkan kemungkinan umur panjang.
9. Menghindari pikun

Bawang putih hitam mencegah kita dari penyakit yang berkaitan dengan usia, yaitu demensia atau Alzheimer. Makan bawang hitam dapat menjaga kesehatan otak kita dan menghindari kerusakan saraf. Dengan cara ini, kita akan terhindar dari risiko kepikunan.

10. Mengobati Sakit Gigi

Bagi Anda yang gemar menderita sakit gigi, bawang hitam bisa menjadi solusi untuk mengobatinya. Ini karena bawang putih hitam memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus. Dengan mengonsumsi bawang merah, bakteri yang menyebabkan gigi berlubang di mulut akan mati.

11. Membersihkan komedo

Jika Anda memiliki masalah dengan komedo di hidung Anda yang mengganggu, gunakan bawang hitam. Anda bisa menghaluskan bawang putih hitam dan kemudian mengoleskannya di wajah komedo, hasilnya akan lancar.

12. Mengatasi Jerawat

Selain mengatasi komedo, manfaat bawang putih hitam untuk kecantikan wajah lainnya, yaitu untuk mengatasi jerawat. Anda bisa mengoleskan satu siung bawang putih tumbuk ke jerawat untuk membuatnya mengempis dan perlahan menghilang.

13. Menghilangkan Bekas Luka

Satu lagi manfaat bawang putih untuk kecantikan kulit adalah ia dapat menghaluskan dan menghilangkan bekas noda. Oleskan bawang hitam halus ke bekas luka, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini secara teratur, sehingga Anda akan mendapatkan kembali kepercayaan diri tanpa bekas luka di kulit Anda.

14. Mengurangi Dampak Alergi

Jika Anda memiliki keluhan alergi dalam kondisi tertentu atau makan sesuatu, bawang putih hitam dapat membantu mengatasinya. Studi menunjukkan bahwa bawang hitam dapat mengurangi reaksi alergi dalam tubuh Anda.

15. Mencegah Kerusakan Hati

Manfaat terakhir dari bawang putih hitam untuk kesehatan, yaitu bawang ini dapat mengurangi kerusakan hati. Hati adalah salah satu organ vital bagi tubuh. Makan bawang hitam bisa menjaga hati tetap sehat dan bahkan bisa membuat sel-sel hati kembali ke ukuran optimal.
kuliseo

0 Response to "15 Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel