SKB CPNS : SKB GURU MATA PELAJARAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG GURU MATA PELAJARAN
SKB GURU MATA PELAJARAN
1. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok masyarakat dan bangsa serta mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral…..
a) preconvensional
b) konvensional
c) post onvensional
d) interonvensional
2. Masa anak berusia 13- 16 tahun mencapai tahapan perkembangan social dengan kesadaran hubungan aku engkau atau hubungan subyektif obyektif, tahapan dalam perkembangan ini berlangsung secara……
a. subyektif
b. subyektif menuju obyektif
c. pra puber menuju pubertas
d. obyektif
3. Perhatikan pernyataan berikut ini :
1) mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2) menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab siswa
3) menganalisis latar belakang, sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4) mengevaluasi sistem PBM, secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar.
Pernyataan di atas yang merupakan langkah guru mengukur prestasi hasil analisis evaluasi belajar adalah………
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
4. Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru
a. memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktifitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas .
b. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas
c. sangat positif merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian non tes
d. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas kurang baik
5. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara:
a. pemberian penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam satu album sebagai bukti hasil belajar
d. mengumpulkan gambaran hasil ulangan tiap siswa untuk melihat
kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertulis dan kemudian diberikan pengayaan dan remedial
6. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain:
a. menentukan criteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajar
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedial
7. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak pada kegiatan guru
a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa yang
remedial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah diserap dengan memperhatikan temuan, analisis evaluasi belajar siswa .
c. menggunakan rancangan pembelajaran yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d. merancang tes ulangan saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
8. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terletak dalam upaya guru
a. Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial disekitar
kita
9. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan…………..
a. Elaborasi
b. Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing
10. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi
dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu …….
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh
e. pengalaman belajar yang telah dilakukan.
11. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta
didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut …
a. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.
b. 1. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
c. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) respons peserta didik untuk merespons; 3) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4) penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d. 1) penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.
12. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan
agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu
mengacu pada….
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran
13. Ketuntasan Belajar minimal (KKM) ditentukan oleh faktor-faktor di
bawah ini, Kecuali ….
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d. Orang Tua Siswa
14. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai
berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur, fungsi d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
15. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a) kompetensi dasar
b) standar
c) kompetensi indikator
d) metode pembelajaran
16. Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
a) potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
b) tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
c) kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
d) kemampuan guru dan ketersediaan referensi
e) relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus
memperhatikan antara lain nomor….
a. 1, 2, 3, 4 b. 2, 3, 5, 6 c. 1, 2, 3, 5 d. 1, 2, 4, 5
e. 3, 4, 5, 6
17. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a. menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remidi
18. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai
ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang
b) yang berbeda
c) memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
d) memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai.
e) diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan
pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi
19. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
b. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c. Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
d. Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
e. Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian
20. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….a. mengukur ketuntasan peserta didik
b. mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
d. menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS : SKB GURU MATA PELAJARAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG GURU MATA PELAJARAN
0 Response to "SKB CPNS : SKB GURU MATA PELAJARAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG GURU MATA PELAJARAN"
Post a Comment