SKB CPNS : SKB GURU MATA PELAJARAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG GURU MATA PELAJARAN



SKB GURU MATA PELAJARAN


1.   Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok masyarakat dan bangsa serta mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral..
a)   preconvensional
b)   konvensional  
c)   post onvensional
d)   interonvensional

2.   Masa anak berusia 13- 16 tahun mencapai tahapan perkembangan social dengan kesadaran  hubungan  aku  engkau  atau  hubungan  subyektif obyektif, tahapan dalam perkembangan ini berlangsung secara
a.   subyektif
b.   subyektif menuju obyektif
c.   pra puber menuju pubertas
d.   obyektif

3.    Perhatikan pernyataan berikut ini :
1)   mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2)   menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab siswa
3)   menganalisis latar  belakang, sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4)   mengevaluasi sistem PBM, secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar.
Pernyataan di atas yang merupakan langkah guru mengukur prestasi hasil analisis evaluasi belajar adalah……
a.   1 dan 2
b.   1 dan 3
c.   2 dan 4
d.   3 dan 4
4.        Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru
a.   memeriksa    dan    memberikan    nilai    terhadap    hasil    catatan aktifitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas .
b.   melakukan  wawancartambahadengan siswa yang beraktifitas
c.   sangat positif merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian non tes
d.   melakukan  wawancartambahadengan siswa yang beraktifitas kurang baik

5.   Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara:
a.   pemberian penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b.   mengumpulkan lembaran-lembarajawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
c.   mengumpulkan hasil  kerja  masing-masing siswa yang telah diberikamasukabaik  oleh  guru dan rekan siswa dalam satu album sebagai bukti hasil belajar  
d.   mengumpulkan gambarahasil ulangan tiap siswa untuk melihat
kesulitan  siswa  dala memahami  pokok  bahasan  tertulis  dan kemudian diberikan pengayaan dan remedial

6.   Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk  menentukan ketuntasan belajar antara lain:
a.   menentukan criteria keberhasilan belajar
b.   mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajar
c.   mencar leta kelemaha secar umu diliha dar kriteria keberhasilan yang diharapkan
d.   merencanakan pengajaran remedial

7.   Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak pada kegiatan guru
a.   membua rancanga pembelajara khusu untu sisw yang
remedial
b.   menggunaka rancanga pembelajara yan tela diserap dengan memperhatikan  temuan, analisis  evaluasi belajar siswa .
c.   menggunakan rancangapembelajaran yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d.   merancang tes ulangan saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

8.   Upay membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terletak dalam upaya guru
a.   Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b.   Melatih  siswa membuat  keputusayang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c.   Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d.   Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial disekitar
kita

9.   Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam  pendekatapembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; damemfasilitasi pesertdidik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan…………..
a.   Elaborasi
b.   Eksplorasi
c.   Konfirmasi
d.   Browsing

10.     Sala sat conto kegiata gur dala kegiata elaborasi
   dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu …….
a.   Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b.   Menfasilitasi      peserta      didik      melakukan      kegiatan      yang menumbuhkan  kebanggaan  dan rasa percaya diri peserta didik.
c.   Memberika konfirmasi   terhada hasi eksplorasi   da elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
d.   Memfasilitasi  peserta  didik  melakukan  refleksi  untuk  memperoleh
e.   pengalaman belajar yang telah dilakukan.

11.     Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta
didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut
a. 1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon;  2) penyiapan kondisi psilogis peserta didi 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.

b. 1. reaksi guru  terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;

c.  1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) respons peserta didik untuk merespons; 3) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4) penyiapan kondisi psilogis peserta didik

d. 1)  penyiapan  kondisi  psilogis  peserta  didik,  2)  memberikan pertanyaa ata tuga sebaga undanga kepada   peserta  didik untuk  merespon;  3)  respons  peserta  didik  untumerespons;  4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.

12.     Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan
   agar proses  pembelajaran  berlangsung  efektif,  maka  guru  perlu  
  mengacu pada.
a. Metode pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Gaya pembelajaran

13.     Ketuntasan Belajar minimal (KKM) ditentukan oleh faktor-faktor di
   bawah ini, Kecuali .
a. Intake Siswa
b. Tingkat kesulitan
c. Sarana pendukung
d.  Orang Tua Siswa

14. Jenis-jenis    pembelajaran    dapat    diklasifikasikan    sebagai  
     berikut:
a. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur, fungsi d. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur

15. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan.
a)   kompetensi dasar
b)   standar
c)   kompetensi indikator
d)   metode pembelajaran

16. Dibawah  ini  merupakan  pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
a)   potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
b)   tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
c)   kebermanfaatan  bagi  peserta  didik,  struktur  keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
d)   kemampuan guru dan ketersediaan referensi
e)   relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu dana yang tersedia
Dalam  mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru  harus
memperhatikan antara lain nomor.
a. 1, 2, 3, 4           b. 2, 3, 5, 6       c. 1, 2, 3, 5         d. 1, 2, 4, 5      
e. 3, 4, 5, 6

17.    Upaya  guru  dala memanfaatkan  hasil  analisis  untuk  menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a.   menentukan kriteria keberhasilan belajar
b.   mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c.   mencari    letak    kelemahan    secar umu diliha dar kriteria keberhasilan  yang diharapkan
d.   merencanakan pengajaran remidi

18.    Upay merancan pengayaa bag pesert didi yan mencapai
ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang
b)   yang berbeda
c)   memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
d)   memberikan  tambahan  sumber  bacaan yang lebih  mendalam  dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai.
e)   diberikan  materi  bahan  ajar  yang  lebih  tinggi  tingkatannya  dan
pengerjaan  soal-soalnya  yang memiliki  kesulitan tinggi


19. Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.   Semua indikator  ditagih  dengaberbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
b.   Melaksanakan  progra perbaikan  dan  pengayaan,  analisa  hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c.   Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
d.   Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
e.   Semua  indikator  ditagih  dengan  berbagai  teknik  penilaian  dan melaksanakan  analisa hasil penilaian

20. Pada  setiap  akhir  kegiatapembelajaran, guru  bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk.a.    mengukur ketuntasan peserta didik
b.    mengukur efektivitas proses pembelajaran
c.    mengukur  hal-hal yang belum dipahami  peserta didik
d.    menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya


Soal selanjutnya silahkan klik disini

Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS :  SKB GURU MATA PELAJARAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG GURU MATA PELAJARAN

0 Response to "SKB CPNS : SKB GURU MATA PELAJARAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG GURU MATA PELAJARAN"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel