SKB CPNS : PEDAGOGIK

SKB Guru CPNS 2020 - Selamat datang, bagi para penjuang CPNS ASN yang baru saja mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), dan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu SKB Seleksi kompetensi Bidang SKB CPNS . Berikut admin sampaikan mengenai PEDAGOGIK


  1. Tes yang dipergunakan untuk mengetahui apakah peserta didik telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan ataupun dipersyaratkan sebelum mengikuti pelajaran tertentu disebut dengan
a. Tes minat dan bakat 
b. Tes prasyarat 
c. Tes identifikasi karakteristik peserta didik 
d. Tes awal 
e. Tes kinerja 
  1. Pak Guru Nadiem mengadakan konsultasi individual dengan cara mewawancarai peserta didik secara informal untuk mengetahui prestasi peserta didik dan permasalahan yang mungkin mereka hadapi baik akademik maupun non akademik. Pak Guru Nadiem dalam hal ini sedang melakukan salah satu 
a. Teknik menentukan strategi pembelajaran 
b. Teknik layanan konseling kepada peserta didik 
c. Teknik menentukan media pembelajaran 
d. Teknik mengidentifikasi struktur kognitif peserta didik 
e. Teknik mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik 
  1. Pak Guru Mahfud mengajukan serangkaian pertanyaan kepada peserta didik yang dirancang secara khusus untuk membantu mereka menggunakan pengetahuan sebelumnya sehingga mereka slap menerima materi yang akan diajarkan. Apa yang dilakukan oleh Ibu Guru Pak Guru Mahfud tersebut dimaksudkan untuk memicu 
a. Minat 
b. Motivasi 
c. Strategi kognitif 
d. Pengalaman 
e. Retensi 
  1. Tes yang dilakukan untuk mendeteksi seberapa jauh peserta didik telah memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pelajaran yang akan diikuti disebut dengan 
a. Tes kemampuan awal 
b. Les kompetensi 
c. Tes individual 
d. Tes awal 
e. Tes informal 
  1. Diagnosis kemampuan awal (recognition of prior learning) merupakan salah satu variabel penting dalam 
a. Evaluasi pembelajaran 
b. Media pembelajaran 
c. Karakteristik peserta didik 
d. Menentukan desain pembelajaran 
e. Strategi pembelajaran 
  1. Kemampuan awal pada dasarnya memiliki dua pengaruh signifikan terhadap peserta didik dimana pengaruh tersebut sangat penting ketika guru akan mendesain dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu pengaruh yang dimaksud adalah 
a. Mengorganisasi informasi atau pengetahuan baru 
b. Mengelaborasi kemampuan peserta didik dalam pembelajaran 
c. Mereduksi peserta didik dalam menggunakan struktur kognitif 
d. Merecall pengetahuan baru 
e. Menggabungkan pengetahuan lama dan sebelumnya 
  1. Pak Guru Himawan melakukan pemeriksaan atau monitoring terhadap pengetahuan awal peserta didik yang diketahui salah (faulty prior knowledge) secara periodik sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dan akan berakibat pada hasil pembelajaran yang tidak optimal bisa dihindari. Apa yang dilakukan oleh Pak Guru Himawan tersebut disebut dengan 
a. Strategi mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik 
b. Strategi penentuan urutan materi pembelajaran 
c. Strategi menganalisis skemata peserta didik 
d. Strategi mengaktivasi kemampuan awal peserta didik 
e. Strategi menganalisis kebutuhan instruksional 
  1. Kemampuan awal peserta didik adalah pemahaman. pengalaman. pengetahuan prasyarat dan segala sesuatu yang dimiliki oleh peserta didik sebagai pengetahuan awal (prior knowledge) dan disusun secara hirarkis sebagai 
a. Struktur kognitif 
b. Pengetahuan subsumptive 
c. Retensi 
d. Jembatan keledai 
e. Basis data pengalaman (experiential data base) 
  1. Guru meminta peserta didik untuk memilih tokoh favorit dan menuliskan karakteristik tokoh tersebut yang bisa diteladani. hal ini untuk menstimulasi kecerdasan... 
a. Intrapersonal 
b. Interpersonal 
c. Kinestetis 
d. Visual spasial 
e. Verbal linguistic 
  1. Di sekolah tertulis beberapa aturan seperti 'dilarang menginjak rumput, mencoret - coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan... 
a. Kinestetis 
b. Logis matematis 
c. Visual spasial 
d. Verbal linguistik 
e. Naturalis 
  1. Saat proses pembelajaran peserta didik diminta untuk berkumpul berdasarkan minat. Upaya ini dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan... 
a. Interpersonal 
b. Visual spasial 
c. Intrapersonal 
d. Verbal linguistik 
e. Logis matematis
  1. Guru meminta peserta didik untuk menutup mata dan mengenali dan menyebutkan nama benda dari teksturnya hal ini merupakat bagian dari kecerdasan... 
a. Verbal linguistic 
b. Naturalis 
c. Kinestetis 
d. Visual spasial 
e. Logic matematis 
  1. Menambahkan referensi pembelajaran dengan daftar lagu yang cukup popular dan meminta peserta didik untuk menganalisisnya merupakan kegiatan musikal yaitu.. 
a. Senandung irama 
b. Diskografi 
c. Konsep musikal 
d. Musik suasana 
e. Musik super memori 
  1. Peserta didik diminta untuk membuat dugaaan pada populasi hewan langka yang semakin sedikit hal ini termasuk kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan.... 
a. Naturalis 
b. Visual spasial 
c. Kinestetis 
d. Logis matematis 
e. Verbal linguistic
  1. Guru memberikan penugasan untuk membuat Coto dan membuat film pada saat di outing di museum merupakan stimulus kecerdasan 
a. Naturalis 
b. Verbal linguistic 
c. Visual spasial 
d. Kinestetis 
e. logis matematis 

Kunci Jawaban
  1. e. Teknik mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik
  2. e. Retensi
  3. d. Tes awal
  4. d. Menentukan desain pembelajaran
  5. a. Mengorganisasi informasi atau pengetahuan baru
  6. d. Strategi mengaktivasi kemampuan awal peserta didik
  7. e. Basis data pengalaman (experiential data base)
  8. a. Intrapersonal
  9. e. Naturalis
  10. a. Interpersonal
  11. c. Kinestetis
  12. c. Konsep musikal
  13. d. Logis matematis
  14. b. Tes prasyarat
  15. e. Teknik mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik

















































































Soal selanjutnya silahkan klik disini

Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS :  PEDAGOGIK

0 Response to "SKB CPNS : PEDAGOGIK"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel