SKB CPNS : PEDAGOGIK

SKB Guru CPNS 2020 - Selamat datang, bagi para penjuang CPNS ASN yang baru saja mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), dan masuk ke tahap selanjutnya, yaitu SKB Seleksi kompetensi Bidang SKB CPNS . Berikut admin sampaikan mengenai                                                                     PEDAGOGIK


1. Tahap pembelajaran Matematika menurut Van Halle adalah sebagai berikut, kecuali ..
    a. Tahap Analisis
    b. Tahap Penyimpulan
    c. Tahap Pengenalan
    d. Tahap Pengurutan

    Kj. Penyimpulan

2.Perhatikan contoh berikut.
   penjumlahan bilangan positif dan negatif siswa mencoba sendiri dengan menggunakan garis   
   bilangan.
   Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika...
   a. Pengkontrasan dan Keanekaragaman
   b. Penyusunan
   c. Notasi
   d. Pengaitan

   Jawaban yang benar:
   Penyusunan

3. Dalam tahap ini kegiatan penyajian dilakukan berdasarkan pada pikiran internal dimana
    pengetahuan disajikan melalui serangkaian gambar-gambar atau grafik yang dilakukan anak Proses
    tersebut menurut Bruner dikategorikan ke dalam model ...
   a. Tahap Simbolik
   b. Tahap Ikonik
   c. Tahap Enaktif
   d. Tahap Implikatif

   Jawaban yang benar:
   Tahap Ikonik

4. Perhatikan contoh berikut.
    Contoh : 2 pinsil + 3 pinsil = ...pinsil
    Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses Pembelajaran Matematika dalam tahap ..
    a. Ikonik
    b. Simbolik
    c. Implikatif
    d. Enaktif

   Jawaban yang benar:
   Simbolik

[20/2 16.41] I LOVE ALLAH SO MUCH: Tahap operasional/operasi konkrit adalah teori Pembelajaran Matematika yang dikemukakan Peaget pada tahap usia ...
7-12 Tahun
7-8 Tahun
dibawah 2 tahun
2-7 Tahun
Jawaban Anda Benar!
[20/2 16.42] I LOVE ALLAH SO MUCH: Matematika untuk tujuan pembelajaran dianalisis sebagai kumpulan fakta yang berdiri sendiri dan tidak saling berkaitan.
· Anak diharuskan menguasai unsur-unsur yang banyak sekali tanpa diperhatikan pengertiannya.
· Anak mempelajari unsur-unsur dalam bentuk seperti yang akan digunakan nanti dalam kesempatan lain.
· Anak akan mencapai tujuan ini secara efektif dan efisien dengan melalui pengulangan.
Teori Pembelajaran Matematika tersebut dikemukakan oleh ...
Van Brownell
Thorndike
Piaget
Skinner
Jawaban yang benar:
Van Brownell
[20/2 16.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
Guru menjelaskan persegi panjang, disertai juga kemungkinan jajaran genjang dan segi empat lainnya selain persegi panjnag. Dengan demikian siswa dapat membedakan apakah segi empat yang diberikan padanya termasuk persegi panjang atau tidak.
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika ...
Pengaitan
Penyusunan
Notasi
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
Jawaban yang benar:
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
[20/2 16.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Objek belajar matematika dibagi kedalam Objek Langsung dan Objek Tak Langsung. Hal tersebut adalah teori belajar Matematika menurut ...
Thorndike
Skinner
Jerome S. Burner
Robert M. Gagne
Jawaban yang benar:
Robert M. Gagne
[20/2 16.44] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
Budi mempunyai 2 pinsil, kemudian ibunya memberikannya lagi 3 pinsil.Berapa banyak pinsil Budi sekarang ?
Hal tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses Pembelajaran Matematika dalam tahap ...
Ikonik
Enaktif
Simbolik
Implikatif
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.25] I LOVE ALLAH SO MUCH: Batas
[20/2 17.29] I LOVE ALLAH SO MUCH: Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil posttest tersebut ...
Konstrukvisme
Menyenangkan
Masyarakat belajar
Authentik asesmen
Jawaban yang benar:
Authentik asesmen
[20/2 17.30] I LOVE ALLAH SO MUCH: Ada tujuh komponen penting dalam CTL diantaranya adalah ....
Masyarakat belajar
Kontrukvisme
Menyenangkan
Inquiri
Jawaban Anda Benar
[20/2 17.31] I LOVE ALLAH SO MUCH: Sumber belajar bukan hanya guru tetapi dapat berasal dari siswa, pakar dari luar, internet, konsep tersebut dalam CTL disebut ...
Menyenangkan
Inquiri
Konstrukvisme
Masyarakat belajar
Jawaban yang benar:
Konstrukvisme
[20/2 17.32] I LOVE ALLAH SO MUCH: Ciri kelas yang menggunakan pendekatan CTL adalah sebagai berikut kecuali ...
Guru kreatif
Pengalaman nyata
Sharing dengan teman
Menggunakan satu sumber
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.32] I LOVE ALLAH SO MUCH: Siswa mengingat apa yang dikerjakan dari pada apa yang didengarkan , moto tersebut cocok dalam model pembelajaran ....
CTL
Kooperatif
Terpadu
Kuantum
Jawaban yang benar:
CTL
[20/2 17.34] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini ciri-ciri pendekatan CTL , kecuali...
Berpikir tingkat tinggi
Berpusat pada guru
Belajar berdasar pengalaman
Siswa kritis dan kreatif
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.35] I LOVE ALLAH SO MUCH: Dalam pendekatan kontektual tugas pokok guru adalah ....
Mengajar
Mengarahkan
Menginstruksikan
Memberi tugas
[20/2 17.35] I LOVE ALLAH SO MUCH: Konsep melibatkan siswa perlu dalam menyusun topic atau masalah bahan diskusi untuk pembelajaran dalam CTL disebut ...
Menyenangkan
Authentik asesmen
Konstrukvisme
Masyarakat belajar
Jawaban yang benar:
Masyarakat belajar
[20/2 17.36] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pembelajaran kontektual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk ....
Mengajarkan dengan berbagai media secara bersamaan
Mengembangkan materi dari satu permasalahan
Melakukan kolaborasi berbagai disiplin ilmu
Menghubungkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa
[20/2 17.36] I LOVE ALLAH SO MUCH: Lancasan filosofi pendekatan kontektual adalah konstukvisme yang menekankan pada ....
Belajar perlu dengan menghafal
Belajar perlu tempat yang edukatif
Belajar dengan mengalami dan tidak sekedar menerima
Belajar dengan media secara lengkap
Jawaban yang benar:
Belajar dengan mengalami dan tidak sekedar menerima
[20/2 17.37] I LOVE ALLAH SO MUCH: Metode group investigation menuntut siswa memiliki kemampuan...
Membentuk kelompok pakar
Memiliki kelompok semula
Group proses performance
Interpersonal relationship
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.37] I LOVE ALLAH SO MUCH: Kooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada...
Real world learning
Diskusi Kelas
Penerapan fieldtrip
Belajar dalam kelompok
Jawaban yang benar:
Belajar dalam kelompok
[20/2 17.38] I LOVE ALLAH SO MUCH: Metode struktural dalam pembelajaran kooperatif dirancang untuk mempengaruhi pola-pola...
Intelektual siswa
Interaksi siswa
Perilaku siswa
Efektif siswa
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.39] I LOVE ALLAH SO MUCH: Interaksi tatap muka dalam kelompok pada tiap pembelajaran sangat penting untuk membutuhkan suasana...
Kondusif
Aktif
Tenang
Dialog antar siswa
Jawaban yang benar:
Dialog antar siswa
[20/2 17.39] I LOVE ALLAH SO MUCH: Penilaian kelompok belajar yang didasarkan atas rata-rata penguasaan semua anggota kelompok secara individu....
Interpersonal
Home team
Individu result
Akuntabilitas individu
Jawaban yang benar:
Akuntabilitas individu
[20/2 17.41] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini keuntungan pembelajaran kooperatif...
Menghilangkan sifat mementingkan sendiri atau egois
Memudahkan siswa melakukan penyesuaian social
Mengembangkan nilai-nilai social dan komitmen
Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan social
Jawaban yang benar:
Mengembangkan nilai-nilai social dan komitmen
[20/2 17.42] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini adalah elemen pembelajaran kooperatif kecuali...
Real world learning
Interaktif tatap muka
Ketergantungan
Akuntabilitas individu
Jawaban yang benar:
Real world learning
[20/2 17.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Kelebihan kelompok belajar kooperatif dibanding tradisional ....
Tidak ada siswa yang mendominasi kelompok atau menggantungkan diri pada kelompok
Kelompok belajar biasanya homogeny
Hubungan antar pribadi bersifat semu
Tugas dikerjakan salah seorang anggota kelompok
Jawaban yang benar:
Tidak ada siswa yang mendominasi kelompok atau menggantungkan diri pada kelompok
[20/2 17.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Yang dimaksud dengan Expert Group pada metode Jigsaw adalah...
Ketua dari setiap kelompok
Kelompok independen yang menjadi penengah
Kelompok pakar dari perwakilan setiap kelompok
Kelompok yang bersifat pro terhadap permasalahan
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.44] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pembentukan kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif harus bersifat...
Tetap
Hiterogen
Tertutup
Homogeny
Jawaban Anda Benar!
[20/2 16.37] I LOVE ALLAH SO MUCH: Tahap pembelajaran Matematika menurut Van Halle adalah sebagai berikut, kecuali ..
Tahap Analisis
Tahap Penyimpulan
Tahap Pengenalan
Tahap Pengurutan
[20/2 16.38] I LOVE ALLAH SO MUCH: Penyimpulan
[20/2 16.39] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
penjumlahan bilangan positif dan negatif siswa mencoba sendiri dengan menggunakan garis bilangan.
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika...
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
Penyusunan
Notasi
Pengaitan
Jawaban yang benar:
Penyusunan
[20/2 16.40] I LOVE ALLAH SO MUCH: Dalam tahap ini kegiatan penyajian dilakukan berdasarkan pada pikiran internal dimana pengetahuan disajikan melalui serangkaian gambar-gambar atau grafik yang dilakukan anak Proses tersebut menurut Bruner dikategorikan ke dalam model ...
Tahap Simbolik
Tahap Ikonik
Tahap Enaktif
Tahap Implikatif
Jawaban yang benar:
Tahap Ikonik
[20/2 16.40] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
Contoh : 2 pinsil + 3 pinsil = ...pinsil
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses Pembelajaran Matematika dalam tahap ..
Ikonik
Simbolik
Implikatif
Enaktif
Jawaban yang benar:
Simbolik
[20/2 16.41] I LOVE ALLAH SO MUCH: Tahap operasional/operasi konkrit adalah teori Pembelajaran Matematika yang dikemukakan Peaget pada tahap usia ...
7-12 Tahun
7-8 Tahun
dibawah 2 tahun
2-7 Tahun
Jawaban Anda Benar!
[20/2 16.42] I LOVE ALLAH SO MUCH: Matematika untuk tujuan pembelajaran dianalisis sebagai kumpulan fakta yang berdiri sendiri dan tidak saling berkaitan.
· Anak diharuskan menguasai unsur-unsur yang banyak sekali tanpa diperhatikan pengertiannya.
· Anak mempelajari unsur-unsur dalam bentuk seperti yang akan digunakan nanti dalam kesempatan lain.
· Anak akan mencapai tujuan ini secara efektif dan efisien dengan melalui pengulangan.
Teori Pembelajaran Matematika tersebut dikemukakan oleh ...
Van Brownell
Thorndike
Piaget
Skinner
Jawaban yang benar:
Van Brownell
[20/2 16.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
Guru menjelaskan persegi panjang, disertai juga kemungkinan jajaran genjang dan segi empat lainnya selain persegi panjnag. Dengan demikian siswa dapat membedakan apakah segi empat yang diberikan padanya termasuk persegi panjang atau tidak.
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika ...
Pengaitan
Penyusunan
Notasi
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
Jawaban yang benar:
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
[20/2 16.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Objek belajar matematika dibagi kedalam Objek Langsung dan Objek Tak Langsung. Hal tersebut adalah teori belajar Matematika menurut ...
Thorndike
Skinner
Jerome S. Burner
Robert M. Gagne
Jawaban yang benar:
Robert M. Gagne
[20/2 16.44] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
Budi mempunyai 2 pinsil, kemudian ibunya memberikannya lagi 3 pinsil.Berapa banyak pinsil Budi sekarang ?
Hal tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses Pembelajaran Matematika dalam tahap ...
Ikonik
Enaktif
Simbolik
Implikatif
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.25] I LOVE ALLAH SO MUCH: Batas
[20/2 17.29] I LOVE ALLAH SO MUCH: Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil posttest tersebut ...
Konstrukvisme
Menyenangkan
Masyarakat belajar
Authentik asesmen
Jawaban yang benar:
Authentik asesmen
[20/2 17.30] I LOVE ALLAH SO MUCH: Ada tujuh komponen penting dalam CTL diantaranya adalah ....
Masyarakat belajar
Kontrukvisme
Menyenangkan
Inquiri
Jawaban Anda Benar
[20/2 17.31] I LOVE ALLAH SO MUCH: Sumber belajar bukan hanya guru tetapi dapat berasal dari siswa, pakar dari luar, internet, konsep tersebut dalam CTL disebut ...
Menyenangkan
Inquiri
Konstrukvisme
Masyarakat belajar
Jawaban yang benar:
Konstrukvisme
[20/2 17.32] I LOVE ALLAH SO MUCH: Ciri kelas yang menggunakan pendekatan CTL adalah sebagai berikut kecuali ...
Guru kreatif
Pengalaman nyata
Sharing dengan teman
Menggunakan satu sumber
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.32] I LOVE ALLAH SO MUCH: Siswa mengingat apa yang dikerjakan dari pada apa yang didengarkan , moto tersebut cocok dalam model pembelajaran ....
CTL
Kooperatif
Terpadu
Kuantum
Jawaban yang benar:
CTL
[20/2 17.34] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini ciri-ciri pendekatan CTL , kecuali...
Berpikir tingkat tinggi
Berpusat pada guru
Belajar berdasar pengalaman
Siswa kritis dan kreatif
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.35] I LOVE ALLAH SO MUCH: Dalam pendekatan kontektual tugas pokok guru adalah ....
Mengajar
Mengarahkan
Menginstruksikan
Memberi tugas
[20/2 17.35] I LOVE ALLAH SO MUCH: Konsep melibatkan siswa perlu dalam menyusun topic atau masalah bahan diskusi untuk pembelajaran dalam CTL disebut ...
Menyenangkan
Authentik asesmen
Konstrukvisme
Masyarakat belajar
Jawaban yang benar:
Masyarakat belajar
[20/2 17.36] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pembelajaran kontektual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk ....
Mengajarkan dengan berbagai media secara bersamaan
Mengembangkan materi dari satu permasalahan
Melakukan kolaborasi berbagai disiplin ilmu
Menghubungkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa
[20/2 17.36] I LOVE ALLAH SO MUCH: Lancasan filosofi pendekatan kontektual adalah konstukvisme yang menekankan pada ....
Belajar perlu dengan menghafal
Belajar perlu tempat yang edukatif
Belajar dengan mengalami dan tidak sekedar menerima
Belajar dengan media secara lengkap
Jawaban yang benar:
Belajar dengan mengalami dan tidak sekedar menerima
[20/2 17.37] I LOVE ALLAH SO MUCH: Metode group investigation menuntut siswa memiliki kemampuan...
Membentuk kelompok pakar
Memiliki kelompok semula
Group proses performance
Interpersonal relationship
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.37] I LOVE ALLAH SO MUCH: Kooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada...
Real world learning
Diskusi Kelas
Penerapan fieldtrip
Belajar dalam kelompok
Jawaban yang benar:
Belajar dalam kelompok
[20/2 17.38] I LOVE ALLAH SO MUCH: Metode struktural dalam pembelajaran kooperatif dirancang untuk mempengaruhi pola-pola...
Intelektual siswa
Interaksi siswa
Perilaku siswa
Efektif siswa
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.39] I LOVE ALLAH SO MUCH: Interaksi tatap muka dalam kelompok pada tiap pembelajaran sangat penting untuk membutuhkan suasana...
Kondusif
Aktif
Tenang
Dialog antar siswa
Jawaban yang benar:
Dialog antar siswa
[20/2 17.39] I LOVE ALLAH SO MUCH: Penilaian kelompok belajar yang didasarkan atas rata-rata penguasaan semua anggota kelompok secara individu....
Interpersonal
Home team
Individu result
Akuntabilitas individu
Jawaban yang benar:
Akuntabilitas individu
[20/2 17.41] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini keuntungan pembelajaran kooperatif...
Menghilangkan sifat mementingkan sendiri atau egois
Memudahkan siswa melakukan penyesuaian social
Mengembangkan nilai-nilai social dan komitmen
Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan social
Jawaban yang benar:
Mengembangkan nilai-nilai social dan komitmen
[20/2 17.42] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini adalah elemen pembelajaran kooperatif kecuali...
Real world learning
Interaktif tatap muka
Ketergantungan
Akuntabilitas individu
Jawaban yang benar:
Real world learning
[20/2 17.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Kelebihan kelompok belajar kooperatif dibanding tradisional ....
Tidak ada siswa yang mendominasi kelompok atau menggantungkan diri pada kelompok
Kelompok belajar biasanya homogeny
Hubungan antar pribadi bersifat semu
Tugas dikerjakan salah seorang anggota kelompok
Jawaban yang benar:
Tidak ada siswa yang mendominasi kelompok atau menggantungkan diri pada kelompok
[20/2 17.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Yang dimaksud dengan Expert Group pada metode Jigsaw adalah...
Ketua dari setiap kelompok
Kelompok independen yang menjadi penengah
Kelompok pakar dari perwakilan setiap kelompok
Kelompok yang bersifat pro terhadap permasalahan
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.44] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pembentukan kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif harus bersifat...
Tetap
Hiterogen
Tertutup
Homogeny
Jawaban Anda Benar! pembelajaran Matematika menurut Van Halle adalah sebagai berikut, kecuali ..
Tahap Analisis
Tahap Penyimpulan
Tahap Pengenalan
Tahap Pengurutan
Penyimpulan
[20/2 16.39] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
penjumlahan bilangan positif dan negatif siswa mencoba sendiri dengan menggunakan garis bilangan.
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika...
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
Penyusunan
Notasi
Pengaitan
Jawaban yang benar:
Penyusunan
[20/2 16.40] I LOVE ALLAH SO MUCH: Dalam tahap ini kegiatan penyajian dilakukan berdasarkan pada pikiran internal dimana pengetahuan disajikan melalui serangkaian gambar-gambar atau grafik yang dilakukan anak Proses tersebut menurut Bruner dikategorikan ke dalam model ...
Tahap Simbolik
Tahap Ikonik
Tahap Enaktif
Tahap Implikatif
Jawaban yang benar:
Tahap Ikonik
[20/2 16.40] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
Contoh : 2 pinsil + 3 pinsil = ...pinsil
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses Pembelajaran Matematika dalam tahap ..
Ikonik
Simbolik
Implikatif
Enaktif
Jawaban yang benar:
Simbolik
[20/2 16.41] I LOVE ALLAH SO MUCH: Tahap operasional/operasi konkrit adalah teori Pembelajaran Matematika yang dikemukakan Peaget pada tahap usia ...
7-12 Tahun
7-8 Tahun
dibawah 2 tahun
2-7 Tahun
Jawaban Anda Benar!
[20/2 16.42] I LOVE ALLAH SO MUCH: Matematika untuk tujuan pembelajaran dianalisis sebagai kumpulan fakta yang berdiri sendiri dan tidak saling berkaitan.
· Anak diharuskan menguasai unsur-unsur yang banyak sekali tanpa diperhatikan pengertiannya.
· Anak mempelajari unsur-unsur dalam bentuk seperti yang akan digunakan nanti dalam kesempatan lain.
· Anak akan mencapai tujuan ini secara efektif dan efisien dengan melalui pengulangan.
Teori Pembelajaran Matematika tersebut dikemukakan oleh ...
Van Brownell
Thorndike
Piaget
Skinner
Jawaban yang benar:
Van Brownell
[20/2 16.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
Guru menjelaskan persegi panjang, disertai juga kemungkinan jajaran genjang dan segi empat lainnya selain persegi panjnag. Dengan demikian siswa dapat membedakan apakah segi empat yang diberikan padanya termasuk persegi panjang atau tidak.
Contoh tersebut dikemukakan Bruner dalam Teorema Pembelajaran Matematika ...
Pengaitan
Penyusunan
Notasi
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
Jawaban yang benar:
Pengkontrasan dan Keanekaragaman
[20/2 16.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Objek belajar matematika dibagi kedalam Objek Langsung dan Objek Tak Langsung. Hal tersebut adalah teori belajar Matematika menurut ...
Thorndike
Skinner
Jerome S. Burner
Robert M. Gagne
Jawaban yang benar:
Robert M. Gagne
[20/2 16.44] I LOVE ALLAH SO MUCH: Perhatikan contoh berikut.
Budi mempunyai 2 pinsil, kemudian ibunya memberikannya lagi 3 pinsil.Berapa banyak pinsil Budi sekarang ?
Hal tersebut dikemukakan Bruner dalam Proses Pembelajaran Matematika dalam tahap ...
Ikonik
Enaktif
Simbolik
Implikatif
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.25] I LOVE ALLAH SO MUCH: Batas
[20/2 17.29] I LOVE ALLAH SO MUCH: Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil posttest tersebut ...
Konstrukvisme
Menyenangkan
Masyarakat belajar
Authentik asesmen
Jawaban yang benar:
Authentik asesmen
[20/2 17.30] I LOVE ALLAH SO MUCH: Ada tujuh komponen penting dalam CTL diantaranya adalah ....
Masyarakat belajar
Kontrukvisme
Menyenangkan
Inquiri
Jawaban Anda Benar
[20/2 17.31] I LOVE ALLAH SO MUCH: Sumber belajar bukan hanya guru tetapi dapat berasal dari siswa, pakar dari luar, internet, konsep tersebut dalam CTL disebut ...
Menyenangkan
Inquiri
Konstrukvisme
Masyarakat belajar
Jawaban yang benar:
Konstrukvisme
[20/2 17.32] I LOVE ALLAH SO MUCH: Ciri kelas yang menggunakan pendekatan CTL adalah sebagai berikut kecuali ...
Guru kreatif
Pengalaman nyata
Sharing dengan teman
Menggunakan satu sumber
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.32] I LOVE ALLAH SO MUCH: Siswa mengingat apa yang dikerjakan dari pada apa yang didengarkan , moto tersebut cocok dalam model pembelajaran ....
CTL
Kooperatif
Terpadu
Kuantum
Jawaban yang benar:
CTL
[20/2 17.34] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini ciri-ciri pendekatan CTL , kecuali...
Berpikir tingkat tinggi
Berpusat pada guru
Belajar berdasar pengalaman
Siswa kritis dan kreatif
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.35] I LOVE ALLAH SO MUCH: Dalam pendekatan kontektual tugas pokok guru adalah ....
Mengajar
Mengarahkan
Menginstruksikan
Memberi tugas
[20/2 17.35] I LOVE ALLAH SO MUCH: Konsep melibatkan siswa perlu dalam menyusun topic atau masalah bahan diskusi untuk pembelajaran dalam CTL disebut ...
Menyenangkan
Authentik asesmen
Konstrukvisme
Masyarakat belajar
Jawaban yang benar:
Masyarakat belajar
[20/2 17.36] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pembelajaran kontektual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk ....
Mengajarkan dengan berbagai media secara bersamaan
Mengembangkan materi dari satu permasalahan
Melakukan kolaborasi berbagai disiplin ilmu
Menghubungkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa
[20/2 17.36] I LOVE ALLAH SO MUCH: Lancasan filosofi pendekatan kontektual adalah konstukvisme yang menekankan pada ....
Belajar perlu dengan menghafal
Belajar perlu tempat yang edukatif
Belajar dengan mengalami dan tidak sekedar menerima
Belajar dengan media secara lengkap
Jawaban yang benar:
Belajar dengan mengalami dan tidak sekedar menerima
[20/2 17.37] I LOVE ALLAH SO MUCH: Metode group investigation menuntut siswa memiliki kemampuan...
Membentuk kelompok pakar
Memiliki kelompok semula
Group proses performance
Interpersonal relationship
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.37] I LOVE ALLAH SO MUCH: Kooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada...
Real world learning
Diskusi Kelas
Penerapan fieldtrip
Belajar dalam kelompok
Jawaban yang benar:
Belajar dalam kelompok
[20/2 17.38] I LOVE ALLAH SO MUCH: Metode struktural dalam pembelajaran kooperatif dirancang untuk mempengaruhi pola-pola...
Intelektual siswa
Interaksi siswa
Perilaku siswa
Efektif siswa
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.39] I LOVE ALLAH SO MUCH: Interaksi tatap muka dalam kelompok pada tiap pembelajaran sangat penting untuk membutuhkan suasana...
Kondusif
Aktif
Tenang
Dialog antar siswa
Jawaban yang benar:
Dialog antar siswa
[20/2 17.39] I LOVE ALLAH SO MUCH: Penilaian kelompok belajar yang didasarkan atas rata-rata penguasaan semua anggota kelompok secara individu....
Interpersonal
Home team
Individu result
Akuntabilitas individu
Jawaban yang benar:
Akuntabilitas individu
[20/2 17.41] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini keuntungan pembelajaran kooperatif...
Menghilangkan sifat mementingkan sendiri atau egois
Memudahkan siswa melakukan penyesuaian social
Mengembangkan nilai-nilai social dan komitmen
Meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan social
Jawaban yang benar:
Mengembangkan nilai-nilai social dan komitmen
[20/2 17.42] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini adalah elemen pembelajaran kooperatif kecuali...
Real world learning
Interaktif tatap muka
Ketergantungan
Akuntabilitas individu
Jawaban yang benar:
Real world learning
[20/2 17.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Kelebihan kelompok belajar kooperatif dibanding tradisional ....
Tidak ada siswa yang mendominasi kelompok atau menggantungkan diri pada kelompok
Kelompok belajar biasanya homogeny
Hubungan antar pribadi bersifat semu
Tugas dikerjakan salah seorang anggota kelompok
Jawaban yang benar:
Tidak ada siswa yang mendominasi kelompok atau menggantungkan diri pada kelompok
[20/2 17.43] I LOVE ALLAH SO MUCH: Yang dimaksud dengan Expert Group pada metode Jigsaw adalah...
Ketua dari setiap kelompok
Kelompok independen yang menjadi penengah
Kelompok pakar dari perwakilan setiap kelompok
Kelompok yang bersifat pro terhadap permasalahan
Jawaban Anda Benar!
[20/2 17.44] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pembentukan kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif harus bersifat...
Tetap
Hiterogen
Tertutup
Homogeny
Jawaban Anda Benar!
[21/2 16.53] I LOVE ALLAH SO MUCH: Peta konsep dikembangkan berdasarkan kerja otak untuk mengingat informasi dalam bentuk ...
Parsial
Symbol
Suara music
Perasaan
Jawaban yang benar:
Symbol
[21/2 16.54] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pada awal perkembangannya pembelajaran kuantum dimaksud untuk...
Mengejar yang menyenangkan
Memilih strategi pembelajaran di sekolah
Meningkatkan keberhasilan hidup dan karier remaja dirumah
Menarik perhatian siswa belajar
Jawaban yang benar:
Meningkatkan keberhasilan hidup dan karier remaja dirumah
[21/2 16.55] I LOVE ALLAH SO MUCH: Dalam kuantum teaching guru menggunakan bahan audio visual yang mendekati realitas dengan tujuan utamanya adalah ....
Agar siswa selalu tertarik terhadap mata pelajaran yang diajarkan
Memberikan pengalaman belajar yang banyak dengan cara sedikit
Memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar
Untuk menutupi kekurangan penguasaan materi
Jawaban yang benar:
Memberikan pengalaman belajar yang banyak dengan cara sedikit
[21/2 16.56] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pada penggunaan peta konsep otak dipandang sebagai ...
Hutan raya
Cabang pohon
Dahan pohon
Ranting pohon
Jawaban yang benar:
Cabang pohon
[21/2 16.57] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pada penggunaan peta konsep otak dipandang sebagai ...
Hutan raya
Cabang pohon
Dahan pohon
Ranting pohon
Jawaban yang benar:
Cabang pohon
[21/2 16.59] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pembelajaran kuantum berpangkal pada ...
Taxonomi bloom
Fisika kuantum
Psikomotorik
Psikologi kognitif
Jawaban yang benar:
Psikologi kognitif
[21/2 17.00] I LOVE ALLAH SO MUCH: TANDUR (tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan) merupakan konsep dasar dalam model pembelajaran ...
Terpadu
Kooperatif
Kuantum
CTL
Jawaban yang benar:
Kuantum
[21/2 17.00] I LOVE ALLAH SO MUCH: Guru yang menerapkan peta konsep di depan kelas hal pertama yang harus dilakukan ...
Menulis tema pokok
Menulis kata kunci
Menulis sub gagasan
Membuat garis cabang
Jawaban yang benar:
Menulis tema pokok
[21/2 17.05] I LOVE ALLAH SO MUCH: Dalam pembelajaran kuantum dinyatakan belajar akan berhasil jika sesuai dengan kerja otak, oleh karena itu informasi perlu di sajikan seperti bentuk di bawah ini kecuali ....
Tak berwarna
Gambar hidup
Dimensi
Berlebihan
Jawaban Anda Benar!
[21/2 17.07] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini adalah model yang dapat dikembangkan dalam pendekatan pembelajaran terintegrasi kecuali...
Nested
Share
Inquiri
Fragmented
Jawaban yang benar:
Inquiri
[21/2 17.08] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini langkah menyusun perencanaan pembelajaraan terpadu kecuali...
Penentuan topic
Penyusunan desain pembelajaran
Pemetaan kompetensi dasar
Pembuatan matrik
Jawaban yang benar:
Pembuatan matrik
[21/2 17.09] I LOVE ALLAH SO MUCH: Tema pemukiman kumuh dapat dipelajari dari beberapa konsep ilmu geografi , sosiologi, ekonomi, dan sejarah contoh tema tersebut merupakan model pembelajaran terpadu berdasarkan ...
Pokok bahasan
Topic
Permasalahan
Potensi utama
Jawaban yang benar:
Permasalahan
[21/2 17.10] I LOVE ALLAH SO MUCH: Melalui pembelajaran terpadu keuntungan pokok yang dirasakan siswa adalah...
Hasil transfer pengetahuan guru ke siswa
Mengerti makna belajar dan manfaatnya
Pengalaman langsung untuk memproduksi kesan tentang hal yang dipelajari
Menghafalkan fakta pengetahuan pada diri siswa
Jawaban yang benar:
Pengalaman langsung untuk memproduksi kesan tentang hal yang dipelajari
[21/2 17.10] I LOVE ALLAH SO MUCH: Strategi kurikulum merupakan kurikulum dengan memusatkan pada...
Sumber atau cara tertentu yang memerlukan pemecahan dengan bahan dari berbagai macam mata pelajaran yang diperlukan
Penggabungan dua mata pelajaran yang mempunyai hubungan erat
Integrasi pengetahuan dan penguasaan yang sedikit tetapi mendalam
Hasil kebudayaan dan pengetahuan umat manusia selama berabad-abad
Jawaban Anda Benar!
[21/2 17.11] I LOVE ALLAH SO MUCH: Strategi kurikulum merupakan kurikulum dengan memusatkan pada...
Sumber atau cara tertentu yang memerlukan pemecahan dengan bahan dari berbagai macam mata pelajaran yang diperlukan
Penggabungan dua mata pelajaran yang mempunyai hubungan erat
Integrasi pengetahuan dan penguasaan yang sedikit tetapi mendalam
Hasil kebudayaan dan pengetahuan umat manusia selama berabad-abad
Jawaban Anda Benar!
[21/2 17.11] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pulau Bali sebagai daerah wisata dikaji dari faktor alam, social, historis, adalah contoh pembelajaran terpadu yang mengambil tema berdasarkan...
Tema
Pokok bahasan
Potensi utama
Topic
Jawaban Anda Benar!
[21/2 17.12] I LOVE ALLAH SO MUCH: Tema pariwisata dapat dikembangkan melalui teknik integrasi berdasarkan...
Topic
Permasalahan
Kasus
Potensi Utama
Jawaban yang benar:
Topic
[21/2 17.12] I LOVE ALLAH SO MUCH: Prioritas pertama yang harus dilakukan pada penyusunan rencana pembelajaran terpadu adalah...
Penjabaran potensi dasar
Pengembangan silabus
Pemetaan kompetensi dasar
Penentuan topic
Jawaban yang benar:
Pemetaan kompetensi dasar
[21/2 17.13] I LOVE ALLAH SO MUCH: Dibawah ini merupakan pertanyaan pembelajaran yang dapat disajikan masalah dalam model PBL ...
Coba analisis kecamatan mana saja yang potensial menjadi daerah tujuan wisata di Kab. Karanganyar
Jelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya longsor lahan
Bagaimana mengatasi kemiskinan di perkotaan
Tentukan daerah paling tepat untuk tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di kota Solo
Jawaban yang benar:
Bagaimana mengatasi kemiskinan di perkotaan
[21/2 17.13] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pendekatan pembelajaran terpadu di SMP yang membutuhkan waktu panjang adalah dengan cara ...
Merumuskan konsep yang sama pada tiap disiplin ilmu
Mencari pokok bahasan tiap disiplin ilmu dengan merubah urutan pokok materi
Mengambil satu disiplin ilmu sebagai sumber materi utama
Merumuskan pokok bahasan yang berkaitan dengan konsep materi berbagai disiplin ilmu
Jawaban yang benar:
Merumuskan pokok bahasan yang berkaitan dengan konsep materi berbagai disiplin ilmu
[21/2 17.14] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini langkah-langkah menyusun perencanaan pembelajaran terpadu, kecuali ...
Pemetaan kompetensi dasar
Penentuan topic
Pembuatan matriks
Penyusunan desain pembelajaran
Jawaban yang benar:
Pembuatan matriks
[21/2 17.20] I LOVE ALLAH SO MUCH: Diantara bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur sasaran yang meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya mengenalinya :
benar salah
jawaban pendek
menjodohkan
pilihan ganda
Jawaban yang benar:
pilihan ganda
[21/2 17.20] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali :
kerja tim, melihat peluang, peran dalam kegiatan kelompok, tanggung jawab sebagai warga
IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan
Akepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, berbagi
berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, menerima perbedaan, kerja sama
Jawaban yang benar:
IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan
[21/2 17.21] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini pernyataan yang benar adalah :
mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen
Semua jawaban salah
mutu evaluasi bergantung pada tes dan pengukuran
Jawaban yang benar:
mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
[21/2 17.24] I LOVE ALLAH SO MUCH: Berikut ini pernyataan yang benar adalah :
mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen
Semua jawaban salah
mutu evaluasi bergantung pada tes dan pengukuran
Jawaban yang benar:
mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
[21/2 17.25] I LOVE ALLAH SO MUCH: Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal :
menjodohkan
benar salah
penilaian produk
pilihan ganda
Jawaban yang benar:
menjodohkan
[21/2 17.29] I LOVE ALLAH SO MUCH: Guru haruslah memiliki jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi :
Kompetensi Paedagogik
Kompetensi Profesional
Kompetensi Sosial
Komppetensi Kepribadian
Jawaban yang benar:
Komppetensi Kepribadian
[21/2 17.30] I LOVE ALLAH SO MUCH: Teori yang menyatakan bahwa proses belajar terjadi pada anak saat berkolaborasi dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi, merupakan pendapat dari::
Erikson
Vigotsky
Smilansky
Piaget
[21/2 17.31] I LOVE ALLAH SO MUCH: Diantara jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur perilaku kreatif :
benar salah
pilihan ganda
menjodohkan
penilaian produk
Jawaban Anda Benar!
[21/2 17.32] I LOVE ALLAH SO MUCH: Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis :
Kompetensi Profesional
Kompetensi Sosial
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Paedagogik
Jawaban Anda Benar!
[21/2 17.34] I LOVE ALLAH SO MUCH: Guru harus memiliki pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang berguna untuk membantu siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan bahan dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem evaluasi yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :
Kompetensi Paedagogik
Kompetensi Profesional
Kompetensi Sosial
Komppetensi Kepribadian
Jawaban yang benar:
Kompetensi Paedagogik
[21/2 17.35] I LOVE ALLAH SO MUCH: Guru disyaratkan memiliki sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objektif, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis :
Kompetensi Profesional
Kompetensi Paedagogik
Kompetensi Sosial
Komppetensi Kepribadian
Jawaban yang benar:
Komppetensi Kepribadian
[21/2 17.35] I LOVE ALLAH SO MUCH: Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu :
mahal
merupakan ukuran bakat
sudah diuji lapangan
absah
Jawaban yang benar:
absah
[21/2 17.37] I LOVE ALLAH SO MUCH: Prinsip evaluasi meliputi hal-hal sebagai berikut ini kecuali :
objektivitas
kontinuitas
keefektifan
integritas
Jawaban yang benar:
keefektifan
[21/2 17.37] I LOVE ALLAH SO MUCH: Prinsip evaluasi meliputi hal-hal sebagai berikut ini kecuali :
objektivitas
kontinuitas
keefektifan
integritas
Jawaban yang benar:
keefektifan
[21/2 17.38] I LOVE ALLAH SO MUCH: Menurut Djojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali :
Memiliki tujuan yang jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya
Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimilik
. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesilaisasi
Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki
Jawaban yang benar:
Memiliki tujuan yang jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya
[21/2 17.39] I LOVE ALLAH SO MUCH: Guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kopetensi yang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi :
Kompetensi Profesional
Kompetensi Paedagogik
Kompetensi Sosial
Kompetensi Profesional
Jawaban Anda Benar!
[21/2 17.41] I LOVE ALLAH SO MUCH: Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut memiliki lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :
Guru mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain
Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar.
Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya
Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa.
Jawaban yang benar:
Guru mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain
[21/2 17.42] I LOVE ALLAH SO MUCH: Pernyataan yang salah di bawah ini adalah :
pernyataan keduanya benar
pernyataan keduanya salah
antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelemahan
antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelebihan
Jawaban yang benar:
pernyataan keduanya benar
[21/2 17.42] I LOVE ALLAH SO MUCH: Guru merupakan suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi memiliki persyaratan tertentu seperti dibawah ini, kecuali :
menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar
menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
menuntut tingkat pendidikan yang memadai
memiliki tingkat pendidikan setingkat Doktor
Jawaban yang benar:
memiliki tingkat pendidikan setingkat Doktor

Soal selanjutnya silahkan klik disini

Demikian informasi terbaru terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang SKB Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS ASN khususnya terkait dengan judul SKB CPNS :  PEDAGOGIK

0 Response to "SKB CPNS : PEDAGOGIK"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel