Pesona Air Terjun Curug Cikaso yang Indah di Sukabumi

Berbicara tentang air terjun, Indonesia memang memiliki banyak air terjun yang terkenal karena indah dan menawan. Salah satu air terjun yang terkenal dengan keindahannya adalah air terjun Cikaso. Air terjun ini masih alami dan memiliki panorama alam yang indah. Tempat ini adalah salah satu objek wisata alam yang paling dicari di Ujung Genteng.

Air terjun dengan keindahannya yang sangat mempesona ini terletak di Kampung Ciniti, tepatnya di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun Cikaso sering disebut sebagai Luhur Curug.

Ada 3 titik air terjun dari air terjun Cikaso. Titik tuang pertama disebut air terjun Aseupan, dan kemudian air terjun Menong dan air terjun Aki.

Curug Cikaso memiliki ketinggian 80 meter. Lebar air terjun ini adalah 100 meter, yang terbagi menjadi beberapa air terjun. Curug Cikaso bermuara di Muara Tegal buleud, Kabupaten Sukabumi. Anda akan melihat keindahan keindahan kelimpahan 3 air terjun yang indah dengan pepohonan yang rimbun yang begitu indah dan menakjubkan.

Air dari air terjun cikaso berlimpah di kolam yang berwarna pirus. Hasil air terjun kelimpahan ketiga yang menjadi curahan air terjun cikaso ini memang benar-benar membuat warna-warna indah dan memberi perasaan sejuk yang menyegarkan. Bintik-bintik air tercurah ke daun di sekitarnya. Tanpa disadari, itu membuat pemandangan semakin istimewa.

Air terjun Cikaso sangat indah untuk dinikmati ketika aliran airnya melimpah. Dengan debit air yang melimpah, air dari air terjun Cikaso akan semakin deras. Tidak hanya itu, deru akan menjadi lebih dahsyat. Namun harus diingat, pengunjung yang datang harus hati-hati.

Kolam di Curug Cikaso ini memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Tidak hanya itu, di bawah kolam ini ada pusaran air yang berat dan kuat.

Jadi, jika Anda berniat untuk berenang, Anda harus berenang di bagian yang aman. Jika Anda tidak tahu bagian mana yang aman untuk berenang, Anda bisa bertanya kepada penjaga Curug Cikaso.

Rute ke Air Terjun Cikaso
Air terjun Cikaso cukup mudah ditemukan karena letaknya hanya sekitar 8 km dari Surade. Dari Jampang Kulon, air terjun ini dapat dicapai dalam 15 km. Jika Anda dari Ujung Genteng, Anda akan menempuh jarak sekitar 32 km. Dari pusat kota Sukabumi sendiri, air terjun ini memiliki jarak sekitar 110 km. Tetapi jika Anda berada di Pelabuhan Ratu, Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 70 km.

Untuk menuju air terjun Cikaso ini Anda harus melakukan perjalanan ke Pantai Ujung Genteng. Jika dari Sukabumi, Anda harus mengambil arah menuju Jampang Kulon dan kemudian melanjutkan ke Surade. Di tengah perjalanan ke Surade, Anda harus berbelok di pertigaan yang tersedia dan menuju ke Jalan Cikaso.

Jalan menuju Curik Cikaso sangat menantang. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan wisata alam Curug, Anda pasti akan merasa tertantang. Bukan hanya persiapan fisik dan mental yang harus Anda persiapkan, tetapi Anda juga harus menyiapkan kendaraan yang benar-benar layak jalan.

Banyak badan jalan yang rusak berat. Medan yang sulit seperti lereng, turunan, dan tikungan yang sangat curam. Ini benar-benar harus dipahami sehingga orang yang mengendarai kendaraan benar-benar pandai mengemudi di jalan.

Kemudian, Anda dapat memarkir kendaraan Anda di tempat parkir khusus wisata yang telah disediakan oleh manajer pariwisata alam Curug Cikaso. Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus berjalan kaki dalam jarak 1 km. Menantang bukan?

Jika ingin perjalanan yang lebih mudah, Anda bisa naik perahu dengan biaya 60 ribu dengan kapasitas 10 orang. Anda juga bisa menyewa pemandu dengan biaya 50 ribu hingga 70 ribu rupiah.

Tiket Masuk untuk Curug Cikaso
Harga tiket masuk dihitung per mobil 27 ribu rupiah ditambah biaya parkir 6 ribu rupiah. Bagi Anda yang berjalan, Anda hanya perlu membayar 3 ribu per orang. Jangan lupa Anda juga harus membayar biaya pembersihan 2 ribu per orang.

Biaya tambahan lain di Curug Cikaso adalah biaya menyewa perahu. Sewa perahu ini memiliki tarif yang bervariasi. Sedangkan bagi Anda yang ingin ke toilet, Anda hanya perlu membayar 2 ribu rupiah. Lagi pula, Anda dapat menikmati semua yang ada di Curug Cikaso dengan harga murah seperti yang ditawarkan di atas.

Jam buka Curugikaso tentu saja hanya dari pagi sekitar jam 8 sampai sore. Dengan mengunjungi air terjun Cikaso di pagi atau sore hari, Anda akan benar-benar menikmati pemandangan hijau dan gemericik suara air curug yang benar-benar akan memanjakan telinga Anda.

Mitos Air Terjun Cikaso
Berbicara tentang wisata alam Curug Cikaso tidak akan pernah lepas dari mitos yang diyakini masyarakat setempat. Ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa air terjun yang indah ini ternyata memiliki wali. Mitos yang beredar di masyarakat setempat adalah bahwa wali Curug Cikaso adalah Nyai Blorong.

Nyai Blorong sedang menunggu air terjun Aseupan, Eyang Santang sedang menunggu Curug Meong dan Prabu Siliwangi adalah guru Curug Aki.

Kebiasaan dalam diri kita seperti itu. Seringkali, sebuah tempat disebut memiliki sejarah mistis. Itu membuat Anda kembali percaya atau tidak.

Jika Anda ingin berenang, minta petugas untuk memilih tempat yang benar-benar aman sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Beberapa pengunjung telah melihat penampilan saat mengunjungi air terjun Cikaso. Namun, semuanya kembali kepada Anda, apakah Anda percaya atau tidak.

Yang jelas adalah bahwa setiap panggilan dan peringatan yang disampaikan oleh Curaso Cikugo harus diikuti dengan benar.

kuliseo

0 Response to "Pesona Air Terjun Curug Cikaso yang Indah di Sukabumi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel