Soal Online : UnduhSoal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013

 akan sayabagikan pada akhir tulisanSoal Online :  UnduhSoal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013


UnduhSoal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 – Soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 akan sayabagikan pada akhir postingan, dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Pendidiksedang memerlukan Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester untuk Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.


Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PTS Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja sayaberbagi Soal PTS dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.


Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Salah satu bentuk penilaian tersebut ialah Ulangan Tengah Semester (UTS) atau sering disebut juga Penilaian Tengah Semester (PTS). Penilaian Tengah Semester adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya diambilkan dari setengah materi dalam satu semester dalam hal ini semester 2 (dua).


Penilaian Tengah Semester menjadi salah satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.


Tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS)

Tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai salah satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.


Tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) secara khusus ialah sebagai berikut ini :

Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama setengah semester.
Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.


Fungsi Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS)

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS).

Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.


Soal PTS UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013

Berikut ini sayabagikan soal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs semester 2 Kurikulum 2013. Latihan soal PTS/UTS IPA ini untuk membantu belajar peserta didik Kelas 9 SMP/MTs dalam mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) 2 (dua).


Materi soal Penilaian Tengah Semester IPA ini diambilkan dari setengah materi IPA Kelas 9 SMP/MTs semester 2. Soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 30 soal.

Berikut sayatulis soal no 1 – 15 sebagai contoh saja, dan untuk selengkapnya silahkan download file nya pada akhir tulisanini :

A. Berilah tanda (x) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang paling tepat!

1. Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah ....
  • A. yogurt
  • B. tahu
  • C. sabun
  • D. minyak goreng


2. Berikut ini yang bukan termasuk bioteknologi adalah ....
  • A. pemanfaatan jamur untuk membuat tape
  • B. pemanfaatan jamur untuk membuat kecap
  • C. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
  • D. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka


3. Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar....
  • A. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
  • B. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
  • C. khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
  • D. khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen


4. Pemyataan berikut yang sesuai dengan dampak positif pemanfaatan bioteknologi dalam bidang pangan adalah ....
  • A. bioremediasi merupakan pemanfaatan mikrobia dalam penanggulangan tumpahan minyak di perairan
  • B. limbah kedelai tempe sangat baik dibuang di sungai untuk makanan biota air
  • C. rekayasa genetik pada tanaman tebu dengan memanfaatkan bakteri Escherecia coli menghasilkan tanaman tebu tahan lahan kering
  • D. ditemukannya bakteri Thiobacillus ferrooxidans membantu pemisahan logam besi dari timbal sulfat


5. Pembuatan tempe merupakan contoh bioteknologi konvensional. Tempe dibuat melalui fermentasi kedelai dengan mengunakan bantuan jamur Rhizopus sp. Manfaat yang didapat dari penerapan bioteknologi tersebut adalah ….
  • A. meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • B. meningkatkan nilai gizi dari makanan tersebut
  • C. memanfaatkan jumlah kedelai yang berlebihan
  • D. mengubah bentuk bahan makanan tersebut


6. Pemanfaatan mikroorganisme Acetobacter xylinum dalam proses pembuatan sari kelapa berfungsi untuk ....
  • A.   mengubah zat gula menjadi selulosa
  • B.   mengubah karbohidrat menjadi glukosa
  • C.   mengubah gula menjadi glukosa
  • D.   mengubah gula menjadi asam asetat


7. Mikroorganisme berikut yang menghasilkan antibiotik adalah ...
  • A. Lactobacillus bulgaricus
  • B. Salmonella typhosa
  • C. Ascaris lumbricoides
  • D. Penicillin notatum


8. Berikut ini ciri-ciri bioteknogi modern, kecuali ...
  • A. penggunaan teknologi plasmid
  • B. memanfaatkan enzim
  • C. memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah
  • D. belum mengenal pemanfaatan enzim


9. Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah ....
  • A. glukosa + O2 --> CO2 + H2O + energi
  • B. glukosa + O2 --> CO2 + alkohol + energi
  • C. glukosa --> CO2 + alkohol + energi
  • D. glukosa --> CO2 + H2O + energi


10. Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan kualitas yang tinggi.
Upaya yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah ....
  • A. pengembangan teknik fermentasi makanan
  • B. pengembangan protein sel tunggal
  • C. pengembangan hewan transgenik
  • D. pengembangan kloning


11. Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi manusia.
Berikut ini yang bukan dampak buruk dari bioteknologi adalah ....
  • A. hasil limbah yang tinggi hasil dari sisa produk bioteknologi
  • B. mengurangi plasma nutfah di Indonesia
  • C. alkohol yang dihasilkan selama proses fermentasi merusak kesehatan jika dikonsumsi
  • D. menciptakan hasil pangan dengan nilai gizi yang tinggi


12. Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ....
  • A. rekayasa genetika
  • B. kloning
  • C. transplantasi
  • D. mutasi


13. Minuman yoghurt yang terbuat dari air susu dapat mengobati lambung dan usus yang terluka, proses pembuatan yoghurt tersebut karena hasil kerja dari ....
  • A. Rizhopus oryzae
  • B. Streptococcus thermophilus
  • C. Neurospora sitophila
  • D. Aspergillus wentii


14. Perhatikan data spesies berikut!
K.  Chlorella sp.
L.  Candida utilia
M. Spirulina sp.
N. Sargassum sp
O. Rhizobium sp
Contoh sumber pangan produk bioteknologi konvensional kelompok protein sel tunggal ditunjukkan oleh ....
  • A. K, L, M
  • B. K, M, O
  • C. L, N, O
  • D. M, N, O


15. Arah garis gaya magnet bumi adalah ....
  • A.  dari kutub utara bumi berakhir di kutub selatan bumi
  • B.  dari kutub selatan bumi berakhir di kutub utara bumi
  • C.  dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara bumi
  • D.  dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara magnet bumi


UnduhSoal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 (DISINI)

Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soalPTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari sayauntuk yang membutuhkannya.


Demikian yang dapat sayasampaikan mengenai Soal PTS UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013, Semoga bermanfaat . . .*)

0 Response to "Soal Online : UnduhSoal PTS/UTS IPA Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel