Edu : Tips Terbaik Memilih Sekolah Untuk Anak

 Sebagai orang tua memilih sekolah terbaik untuk anak tentu sebuah harapan yang besar Edu :  Tips Terbaik Memilih Sekolah Untuk Anak


Tips Terbaik Memilih Sekolah Untuk Anak, Sebagai orang tua memilih sekolah terbaik untuk anak tentu sebuah harapan yang besar, di mana dapat menentukan masa depan anak suatu hari nanti.

Menentukan Sekolah Terbaik Untuk Anak

Paradigma pendidikan selalu berkembang sesuai tuntutan perkembangan jaman. Saat ini sekolah bukan hanya sekedar memperoleh nilai angka lewat tes melainkan lebih dapat mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

Tantangan yang akan dihadapi oleh anak di kemudian hari bisa jadi tidak diketahui, namun dengan bekal semangat terus belajar sepanjang hidup, setidaknya tantangan yang ada dapat dihadapi. Untuk itu, anak memerlukan lingkungan dan sekolah terbaik agar dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

kali ini sayaakan memberikan beberapa gambaran ciri umum sekolah terbaik untuk anak, berikut penjelasannya :

1. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah


Sekolah yang memiliki Visi dan Misi serta Tujuan Pendidikan yang sama dengan orangtua, maksudnya sekolah harus memiliki kesesuaian nilai-nilai yang sama dengan orangtua.
Sebagai orang tua, tentunya sedikit tahu tentang potensi dan kemampuan anak dan berharap sekolah mengembangkannya secara optimal.

2. Memiliki Sarana dan Prasarana yang memadai


Lingkungan belajar yang kondusif, aman, sehat, bersih, indah, dan asri, sudah pasti akan menjadikan proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan menyenangkan. Lingkungan sekolah yang menyenangkan akan membuat anak merasa nyaman untuk menghabiskan waktu.
Selain lingkungan, sekolah terbaik memiliki perlengkapan pendukung proses kegiatan belajar mengajar atau media pembelajaran, seperti alat dan media belajar serta ruang praktikum yang lengkap, perpustakaan, laboratorium, kantin, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), serta sarana pendukung potensi dan kegemaran anak lainnya.

3. Sumber Daya Yang Mumpuni


Sumber daya bisa berupa materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum sekolah serta sumber daya manusia dalam hal ini tenaga pendidiknya pun harus yang profesional.
Sekolah terbaik akan menerapkan dan melaksanakan kurikulum sekolah yang telah disusun dengan sangat efisien, termasuk peraturan sekolah  yang dibuat agar proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik dan efektif.
Kepala Sekolah, Tenaga pendidik, karyawan sekolah merupakan orang yang kompeten dan berkualifikasi di bidangnya.

4. Dukungan Orang Tua, Masyarakat dan Pemerintah


Sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang melibatkan orang tua, masyarakat dan pemerintah. Karna hal inilah sebagai orang tua harus pandai-pandai memilih sekolah yang akan menjadi tujuan anaknya untuk menggali ilmu pengetahuan nanti.
Sekolah terbaik tentu mendapat dukungan serta partisipasi dari orang tua peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga merupakan institusi pertama dalam pendidikan. Keterlibatan orang tua untuk ikut mentaati peraturan sekolah yang telah disepakati, membantu proses pendidikan anak, pendukung keberhasilan anak tersebut

5. Melihat Kondisi Kelas


Kelas yang baik memiliki ruangan yang cukup untuk anak bergerak dan dapat berinteraksi dengan baik antara guru maupun murid. Kondisi kelas seperti : pencahayaan, kelembaban, penataan bangku, papan tulis juga perlu dipertimbangkan.

6. Melihat Wajah Siswa Saat Belajar


Apakah menunjukkan wajah bersemangat atau sibuk mengerjakan/melakukan kegiatan. Hal ini bisa menggambarkan suasana kelas yang cukup menarik untuk anak atau sebaliknya. 
Melihat cara guru berinteraksi dengan siswanya, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah hubungan guru dengan siswa, Pendidikseharusnya tidak bersifat mengendalikan dan memerintah namun harus mampu bersikap hangat dan tulus terhadap anak didiknya.

Selain itu peran masyarakat terutama lingkungan sekolah terdekat dapat membantu terlaksananya proses Kegiatan Belajar Mengajar. Saat ini peran Komite Sekolah juga harus ada di sekolah tersebut.
Yang tidak dapat ditinggalkan adalah peran Pemerintah. Sekolah harus punya ijin pendirian, lokasi dan sebagainya. Bahkan akreditasi sekolah, pemerintah lah yang menentukan. Untuk itu sekolah terbaik mendapat pengakuan dan dukungan dari Pemerintah.

Selain gambaran di atas, agar orang tua dapat memilih sekolah terbaik untuk anak, dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Bertanya kepada alumni atau orang tua alumni akan lebih meyakinkan kita tentang sekolah tersebut, Akan lebih baik lagi jika orang tua alumni merupakan kerabat atau orang yang kita kenal.
  2. Berkunjung ke sekolah untuk berbicara dengan kepala sekolah, berbicara dengan guru, siswa, atau mungkin berbicara kepada orang tua siswa lain yang ada di sekolah.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, setidaknya orang tua bisa menentukan apakah sekolah tersebut baik dan tepat anak juga untuk orang tua.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk semua orang tua yang akan meyekolahkan anaknya, terimakasih.

0 Response to "Edu : Tips Terbaik Memilih Sekolah Untuk Anak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel