DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 PPKN SDKELAS I, II, III, IV, V, VI.docx
Related
KI DAN KD K-13 PPKN SD/MI KELAS I. II, III, IV, V, VI
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Keewarganegaraan Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6.
KI KD PPKN SD/MI Kelas 1-6 K-13 |
Kompetensi Inti ini berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) KD (Kompetensi Dasar). Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SD/MI.
KELAS I
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan Keluarga, teman, dan guru |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” | 2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari |
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah | 2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah |
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah | 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah |
1.4 Menerima keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah | 2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam keberagaman di rumah |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara Mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak muli |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” | 4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila |
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah | 4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah |
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah | 4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah |
3.4 Mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah | 4.4 Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah |
KELAS II
KOMPETENSI INTI 1(SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2(SIKAP SOSIAL) |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa | 2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah | 2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah |
1.3 Menerima Keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di sekolah | 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di sekolah |
1.4 Menerima keberagaman di sekolah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa | 2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam keberagaman di sekolah |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” | 4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila sila Pancasila |
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah | 4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah |
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah | 4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah |
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah | 4.4 Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman di sekolah |
KELAS III
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa | 2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” |
1.2 Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa | 2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah |
1.3 Mensyukuri keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa | 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar |
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa | 2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” | 4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila” |
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah | 4.2 Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah |
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar | 4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar |
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar | 4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar |
Lihat juga :
Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013
Berita Acara, Undangan, Daftar Hadir Penyususnan Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
Pernyataan Pakta Integritas Untuk Pejabat Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Tugasnya sebagai ASN, PNS, PPPKKELAS IV
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa | 2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila. |
1.2 Menghargai kewajiban dan hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama | 2.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air |
1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika | 2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika |
1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa | 2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila | 4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari |
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari | 4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari hari | 4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari hari |
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan | 4.4 Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan |
KELAS V
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari | 2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila |
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari | 2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial budaya masayarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika | 2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika |
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa | 2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari | 4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari | 4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat | 4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat |
3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup | 4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan. |
KELAS VI
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya | 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari | 2..1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
1.2 Menghargai makna kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama | 2.2 Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air |
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika | 2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika |
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya | 2.4 Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menganalisis penerapan nilai nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari | 4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari | 4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, ha, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat | 4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi |
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya | 4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Filenya ini format Microsoft Word, silahkan ambil di bawah ini.
Admin rekomendasikan Bonus :
Download Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan
Download Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi
Download Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Download Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Lulusan
Demikianlah yand dapat admintuliskan pada kesempatan kali ini. Semoga membantu Bapak Ibu sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.
0 Response to "DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 PPKN SDKELAS I, II, III, IV, V, VI.docx"
Post a Comment