Aplikasi Rumus Excel Menentukan Ranking / Peringkat Kelas Secara Otomatis

Aplikasi Rumus Excel Menentukan Ranking Kelas Secara Otomatis  - Tahap pengolahan nilai rapor yaitu menentukan peringkat atau ranking bagi siswa yang nilainya paling tinggi, mulai dari nilai tertinggi sampai dengan nilainya terendah.

Untuk memperoleh data di atas mengurutkan peringkat bagi guru sangat sulit sekali apalagi dengan cara manual, ini memerlukan waktu yang lama sekali, apalagi salah tik atau pekerjaan lain masih banyak, rasanya waktu yang berjalan sangat sempit, akhirnya menjelang pembagian rapor kepada siswa sudah mepet bahkan waktu hanya sehari lagi, kepala sekolah sudah menanyakan. Apakah Rapor sudah selesai? Kalau sudah silahkan simpang di meja, akan ditandatangani dan di stempel/dicap karena sudah waktunya, sekalian dengan siswa berprestasi!

Wah, bagaimana kalau sudah begini? Akhirnya semua cara ditempuh, termasuk tebak-tebakkan istilah lain menjadi perbakin atau nilai dan segalanya ditembak. Ini fatal dan merugikan semuanya.

Kami sarankan, dari pada tidak timbul sesuatu yang tidak diharapkan dengan dampak yang buruk dikemudian harinya, lebih baik persiapkan diri dari sekarang. Apa contoh masalah yang akan terjadi. Misal : Siswa yang Nilainya tinggi bisa saja tidak menjadi peringkat ke I (satu) dan dikalahkan oleh nilainya yang rendah. Ini salah satu contoh apabila seorang guru main tembak-tembakan.

Untuk mengantisipasi maslah tersebut adminsudah menyiapkan aplikasi dengan rumus excel yaitu aplikasi otomatis untuk menentukan Ranking atau peringkat bagi siswa, mulai dari nilai tertinggi sampai terendah. Bapak Ibu hanya memeasukan nama dan nilainya saja, nilainya akan berurutan secara otomatis mulai dari nulai tertinggi sampai nilai terendah.
A                                                         B

Aplikasi Rumus Excel Menentukan Ranking Kelas Secara Otomatis Aplikasi Rumus Excel Menentukan Ranking / Peringkat Kelas Secara Otomatis
Aplikasi Rumus Excel Menentukan Ranking / Peringkat Kelas Secara Otomatis 
Bapak Ibu ketik nama dan nilai di kolom atau posisi bagian A, maka akan otomatis dengan sendirinya nilai serta ranking atau peringkat akan tampak di bagian kolom atau posisi bagian B. Mudah bukan?

 Silahkan download filenya berikut ini !

Tersedia :
Daftar Nilai Kurikulum 2013
Download Aplikasi Administrasi Sekolah Untuk Guru Gratis Format Microsoft Excel 
Download Paket Soal Latihan dan Pembahasan Matematika USBN Kelas VI (6) SD/MI
Demikianlah aplikasi rumus excel untuk menentukan peringkat atau rangking kelas bagi guru yang sedang memerlukannya.
Semoga dapat membantu sedikit meringankan pekerjaan Bapak dan Ibu dalam mengerjakan laporan hasil belajar siswa / peserta didik. Ini terjadi setelah kegiatan di akhir semester menjelang pengolahan nilai yang akan menentukan siapa siswa berprestasi muali dari yang tertinggi nilainya sampai ke bawah. 

0 Response to "Aplikasi Rumus Excel Menentukan Ranking / Peringkat Kelas Secara Otomatis "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel