Rangkuman Materi Prakarya SMP Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013

BAB 1
Kerajian Fungsi Hias

 Kerajinan merupakan bagian dari seni rupa terapan yang diartikan sebagai proses produksi  Rangkuman Materi Prakarya SMP Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013
Kerajinan tangan
A. Prinsif Keajinan Fungsi Hias
 Kerajinan merupakan bagian dari seni rupa terapan yang diartikan sebagai proses produksi  Rangkuman Materi Prakarya SMP Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013
Kerajinan tangan
Mari kita bahas : Kerajinan merupakan bagian dari seni rupa terapan yang diartikan sebagai proses produksi yang melibatkan keterampilan manual dalam membuat benda-benda kebutuhan hidup yang dirancang untuk tujuan fungsional (kegunaan)serta memiliki nilai keindahan. Produk kerajinan dibuat tentunya memiliki tujuan. Selain untuk menghias dan kegunaan praktis, produk kerajinan dibuat untuk berbagai tujuan. Di bawah ini diuraikan berbagai tujuan dari produk kerajinan.

Diantanranya yaitu sebagai :
  • penghias, kerajinan yang dibuat semata-mata sebagai hiasan pada suatu benda atau sebagai pajangan suatu ruang dan tidak memiliki makna tertentu.
  • benda dipakai, kerajinan yang dibuat berdasarkan tujuan untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. 
  • kebutuhan ritual, kerajinan yang mengandung simbol-simbol tertentu dan berfungsi sebagai benda magis berkaitan dengan kepercayaan dan spiritual. 
  • kebutuhan simbolik, kerajinan tradisional selain sebagai hiasan juga berfungsi melambangkan hal tertentu yang berhubungan dengan nilai spiritual. 
  • kebutuhan konstruktif, kerajinan selain sebagai hiasan juga berfungsi sebagai pendukung sebuah bangunan.

Dan selain itu juga, kerajinan yang bertujuan sebagai fungsi hias dan fungsi pakai sama-sama memiliki nilai ekonomis, dimana kerajinan itu sendiri dapat menambah nilai jual suatu produk.

1. Keunikan Bahan kerajinan Fungsi hias
Bahan dasar yang dapat digunakan sebagai kerajinan sudah dipelajari di kelas sebelumnya, yaitu dapat dibuat dari bahan alam, bahan buatan, bahan limbah organik, dan bahan limbah anorganik.Adapun bahan-bahan yang dimaksud tadi dapat diuraikan sebagai berikut.

a. Bahan Alam
 Bahan alam yang dapat digunakan untuk produk kerajinan di antaranya: tanah liat, serat, batu, kayu, bambu, rotan, kulit, logam, batu. Adapun keunikan dari bahan alam tersebut adalah
Download Rangkuman Materi Prakarya SMP Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 
Lihat lainnya :
Demikianlah postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Rangkuman Materi Prakarya SMP Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel